Kamis, 08 September 2016

PENJASKESREK KELAS 3A SENAM AEROBIK

Tuliskan Nama dan NIM Mahasiswa ketika mengumpulkan tugas di Blog ini.
Tugas yang sama diberikan nilai "0".
Semoga Sukses !!!!!

40 komentar:

  1. NAMA : ANDRA SUHARSOYO
    NIM : 1505112128
    KELAS : PENJAS 3A

    Menurut Marta Dinata (2007) senam aerobic adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas dan durasi tertentu.

    Senam aerobic adalah suatu susunan gabungan antara rangkaian GERAK dan MUSIK yang sengaja dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik tersebut untuk mencapai tujuan tertentu. ( TUBUH SEHAT dan BUGAR )

    Pengrtian Aerobic

    Aerobic berasal dari kata aero yang berarti oksigen. Jadi aerobic sangatlah erat dengan penggunaan oksigen. Dalam hal ini berarti latihan aerobic adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama.




    JURNAL.

    Pengaruh Program Olahraga Umum (Senam Aerobik) dan Khusus (Body Language dan Senam Aerobik) terhadap Penurunan Berat Badan.



    Kegemukan merupakan faktor resiko penting dari berbagai penyakit an dapat mengurangi keindahan bentuk tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penurunan berat badan hasil dari program olahraga umum (senam aerobik) dan khusus (body language dan senam aerobik) untuk penurunan berat badan. Desain penelitian ini adalah prospective cohort. Subyek penelitian sejumlah 36 terdiri atas perempuan yang berusia kurang dari 40 tahun yang mengikuti program penurunan berat badan di sanggar senam Kartika Dewi. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok program olah raga umum dan khusus. Semua responden mengisi kuesioner mengenai informasi kriteria subyek dan program latihan yang dijalani meliputi lama, intensitas dan keteraturan latihan, kemudian dilakukan penimbangan berat badan 1 bulan setelah latihan pendahuluan dan 1 bulan setelah latihan inti. Analisis statistik yang dipakai yaitu annova satu jalan. Rata-rata penurunan berat badan kelompok program umum sebesar 0,34 kg dan program khusus sebesar 1,32 kg dengan nilai p 0,055. Lama latihan pada program olahraga umum (senam aerobik) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan berat badan dengan nilai p 0,007, sedangkan intensitas dan keteraturan latihan tidak memberikan pengaruh yang signifikan.


    oleh :(Nanik Sugiarti, Zulkhah Noor)

    BalasHapus
  2. Nama: sakaria
    Nim:1505112620
    1. Menurut Wikipedia.

    "Sport aerobics, or aerobic gymnastics, is a competitive sport originating from traditional aerobics in which complex, high-intensity movement patterns and elements of varying difficulty are performed to music. In addition to aerobics, it combines elements of sports acrobatics and rhythmic gymnastics, along with music, dance and choreography".
    Maksud pengertian diatas bahwa olahraga aerobik atau senam aerobik adalah olahraga kompetitif yang berasal dari aerobik tradisional yang kompleks, pola gerakan dengan intensitas tinggi dan elemen gerak yang sulit dilakukan sesuai dengan iringan musik. Selain aerobik, menggabungkan unsur-unsur akrobat olahraga dan senam ritmik, bersama dengan musik, tari dan koreografi

    Apa Saja Manfaat dari Senam Aerobik?
    Latihan aerobik atau kardiovaskular adalah bentuk-bentuk aktivitas yang bertujuan meningkatkan denyut jantung selama durasi tertentu. Aerobik bermanfaat dalam meningkatkan aliran oksigen ke otot dan jantung. Dengan makin banyak oksigen yang masuk, tubuh menjadi makin sehat. Begini cara tubuh merespons gerakan aerobik yang Anda lakukan.
    • Aeorobik membuat Anda lebih mudah untuk bernapas lebih panjang dan dalam sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam darah, otot, dan jantung. Peningkatan ini akan membuat pembuluh darah melebar dan tubuh lebih mudah untuk mengeluarkan gas buangan, seperti karbondioksida dan asam laktat.
    • Jantung akan berdetak lebih cepat sehingga mampu memompa darah ke otot dan kembali ke paru-paru.
    • Aeorobik membuat tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai pereda nyeri alami, membuat hati gembira dan meningkatkan mood.
    • Menguatkan otot jantung sehingga meningkatkan pemompaan darah dan mengurangi jeda denyut jantung atau disebut dengan kondisi aerobik.
    • Mengencangkan otot-otot yang mendukung pernapasan dan keluar-masuknya udara dari dan ke jantung.
    • Meningkatkan efisiensi sirkulasi darah serta mengurangi tekanan darah.
    • Meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Sel ini berperan meningkatkan lalu lintas oksigen.
    Jika dipadukan dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup, aerobik berpotensi mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan sehari-hari:
    • Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko sakit, terutama infeksi virus flu dan pilek.
    • Menjaga berat tubuh tetap ideal.
    • Membuat tubuh tidak mudah lelah.
    • Meningkatkan kemampuan otot untuk membakar lemak selama melakukan gerakan.
    Jika dilakukan secara teratur dalam jangka panjang, senam aerobik juga berperan mengurangi risiko kondisi-kondisi kronis tertentu. Kondisi pengidap gangguan koroner arteri bisa membaik jika melakukan aerobik secara teratur. Aerobik mencegah penumpukan pada arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) dan menekan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL). Selain membantu mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam darah, aerobik membuat risiko Anda terkena penyakit berkurang, terutama penyakit-penyakit berikut ini: obesitas, diabetes tipe 2, stroke, beberapa tipe kanker, osteoporosis.
    Melakukan senam aerobik tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tapi juga untuk kesehatan mental. Senam aerobik selama 30 menit dan sebanyak tiga kali sepekan terbukti mengurangi penurunan kemampuan kognitif pada lansia. Selain mengurangi risiko depresi dan kecemasan dengan membuat pikiran lebih rileks, aerobik membuat pikiran tetap tajam meski usia bertambah. Lebih jauh, sebagai hasil dari semua manfaat di atas, mereka yang melakukan aktivitas ini lebih berpeluang berumur panjang dibandingkan mereka yang tidak melakukan senam aerobik.

    BalasHapus
  3. Nama: ilham umaedi barkah
    Nim: 1505111646

    UEG (Union Europeenne De Gymnastique)
    "Aerobic Gymnastics is the ability to perform continuous complex and high intensity movement patterns to music. Originated from the traditional aerobic classes, an aerobic gymnastics routine must continuously integrate the performance of physical qualities like coordination, flexibility and strength with the perfectly executed traditional aerobics movements. The formula of this sport is also the combination of perfectly executed difficulty elements with lifts and interactions (for the team categories)"
    Maksud pengertian diatas:
    Senam Aerobik adalah kemampuan untuk melakukan pola pergerakan dengan intensitas terus menerus kompleks dan tinggi diiringi musik. Berasal dari kelas tradisional aerobik, sebuah senam rutin aerobik terus menerus harus mengintegrasikan kinerja kualitas fisik seperti koordinasi, fleksibilitas dan kekuatan dengan memecahkan unsur-unsur kesulitan gerak secara sempurna. Rumus olahraga ini juga merupakan kombinasi dari unsur-unsur kesulitan sempurna dieksekusi dengan lift dan interaksi (untuk kategori tim).

    5.Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan
    Advertisement
    Senam Aerobik sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh manusia, terutama sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain tidak berat, senam ini juga termasuk santai dan tidak membutuhkan tenaga lebih sehingga dapat dilakukan oleh berbagai kalangan seperti wanita hamil, orang tua, dan anak anak.Lalu apa manfaat senam aerobik ini ?
    Berikut adalah berbagai rincian manfaat yang anda dapatkan dari melakukan senam aerobik secara rutin.
    1. Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan. Pasti setiap manusia pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan berbagai aktivitas bahkan cenderung mudah sakit. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
    2. Meningkatkan fungsi jantung. Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.
    3. Mengurangi Berat Badan. Tentu setiap olahraga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya adalah aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara bertahap.
    4. Mengurangi berbagai penyakit / mencegah penyakit. Nah yang satu ini penting untuk anda ketahui, aerobik dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya sebut saja stroke, jantung, kolesterol, dan berbagai kemungkinan lain bahkan penyakit kanker.
    5. Ingin umur panjang ? Aerobik Solusinya. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama: febri arianto
    Nim:1505110885


    1.Federation Internationale Gymnastique (PIG)

    "Aerobic gymnastics is the ability to perform continuous complex and high intensity aerobic movement patterns to music, which originate from traditional aerobic exercises: the routine must demonstrate continuous movement, flexibility, strength and the utilisation of the seven basic steps, with perfectly executed difficulty elements".
    Maksud pengertian diatas:
    Senam aerobik adalah kemampuan untuk melakukan gerakan yang kompleks secara kontinyu dengan intensitas tinggi mengikuti pola pergerakan aerobik musik, yang berasal dari latihan aerobik tradisional: menunjukkan gerakan terus-menerus, fleksibilitas, kekuatan dan pemanfaatan tujuh langkah dasar, dengan memecahkan unsur-unsur kesulitan gerak secara sempurna.

    Pengertian Senam Aerobik - Tarian aerobik populer pada akhir 1970-an. Namun, saat ini senam aerobik digemari berbagai kalangan usia. Hal tersebut dapat Anda lihat setiap Minggu pagi, lapang-lapang atau di pelataran parkir dijadikan sebagai tempat untuk melakukan senam aerobik. Lalu, apa yang dimaksud senam aerobik?

    Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobik mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.


    Biasanya senam aerobik banyak dilakukan di pelataran parkir secara massal


    Manfaat Senam Aerobik
    Senam aerobik mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Tidak heran semakin hari semakin banyak orang yang menggemari latihan aerobik. Berikut ini merupakan manfaat melakukan senam aerobik.

    a. Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru
    Selama bergerak, otot membutuhkan asupan oksigen untuk bekerja. Ketika beban kerja meningkat, tubuh menanggapinya dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke seluruh otot dan jantung. Akibatnya, detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. Oksigen diubah menjadi karbondioksida, yang kemudian diembuskan. Selain itu, tubuh akan berkeringat membakar kalori dan lemak.

    Gerak aerobik meningkatkan daya tahan jantung


    b. Senam Aerobik Meningkatkan Kekuatan Otot
    Otot-otot harus dilatih melebihi beban normal. Hal ini disebut prinsip beban lebih (overload system). Untuk meningkatkan kekuatan otot, harus dilatih pada intensitas yang tinggi dalam waktu singkat, mempergunakan tenaga yang maksimal dan dilakukan secara diulang-ulang. Selain itu, berikan beban yang bervariasi supaya lebih, karena intensitas latihan beragam, dari latihan berintensitas tinggi sampai dengan intensitas yang sangat rendah, sebagai contoh aktivitas bersepeda.

    BalasHapus
  6. Nama: afrizul mz
    Nim: 1505114577
    Senam yang merupakan salah satu unsur komponen kesegaran jasmani setiap manusia dan khususnya memberikan corak pada postur tubuh. Aerobik berupa latihan yang terdiri dari berbagai gerak, dalam arti sebenarnya adalah kegiatan atau gerak badan yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh memperbaiki sistemnya.
    Menurut Jackie Sorensens dari Amerika Serikat senam aerobik atau senam kesegaran jasmani adalah suatu program kesegaran jasmani yang lengkap meliputi ”latihan dan kegembiraan”dimana kita mengekspresikan segala perasaan dengan tertawa, melompat, menendang, jogging,meragang, bergoyang dan mengombinasikan gerakan-gerakan dansa atau dengan gerakan tari tradisional, tari rakyat bahkan tari kontemporer. Atau pengertian lain suatu aktifitas yang terus menerus yang sekaligus memadukan beberapa gerakan yang akan menguatkan jantung, peredaran darah dan membakar lemak, tubuh menjadi lebih mudah menyalurkan oksigen yang dibutuhkan yang berarti cadangan energi dan vitalitas lebih besar.
    Dengan melakukan aerobik menjadikan fungsi alat-alat tubuh sehat antara kerja maksimal dan istirahat seseorang. Sehat ada dua macam:
    Sehat statis yaitu keadaan saat fungsi alat-alat tubuh mampu melayani dan menyesuaikan diri dengan segala tuntutan dan kebutuhan jasmani dalam keadaan istirahat.
    Sehat dinamis yaitu keadaan saat fungsi alat-alat tubuh mampu melayani dan menyesuaikan diri dengan segala tuntutan dan kebutuhan jasmani pada waktu kerja.
    Manfaat aerobik :
    Membakar lemak dalam tubuh
    Meningkatkan daya jantung dan paru-paru
    Menguatkan otot tubuh
    Menurunkan berat badan
    Meningkatkan nafsu makan
    Mencegah penyakit yang menyerang tubuh
    Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan dan daya tahan

    Unsur senam aerobik :
    Komponen dasar
    a. Ketahanan jantung, peredaran darah dan pernafasan
    b. Ketahanan otot
    c. Kekuatan otot
    d. Kelenturan otot
    Takaran latihan
    a. Intensitas latihan
    b. Lamanya latihan
    c. Frekuensi latihan
    Gejala fisik yang diperlukan
    Makanan dan minuman
    Perlengkapan latihan
    Tahap-tahap melakukan senam aerobik

    Macam-macam senam aerobik
    High impact aerobic (senam aerobik tingkat berat)
    Low impact aerobic (senam aerobik tingkat ringan)
    Discorobic (kombinasi high dan low impact aerobic)
    Rockrobic (kombinasi high dan low impact aerobic disertai gerakan rock n`roll)
    Aerobic sport (kombinasi high dan low impact aerobic disertai gerakan kalestenik atau kelentukan)

    Tahapan senam aerobik
    Senam aerobik secara teratur adalah pemanasan, latihan inti (fase aerobik) dan pendinginan
    Pemanasan
    Biasa disebut warming up dilakukan kira-kira 5-10 menit, merupakan fase penting yang bertujuan untuk :
    a. Menarik dan memanaskan otot-otot
    b. Menyiapkan denyut jantung untuk aktifitas yang lebih berat
    Latihan inti (fase aerobik)
    Gerakan ini harus dilakukan secara teratur merupakan gabungan dari high impact dan low impact selama kira-kira 15-20 menit
    Pendinginan
    Biasa disebut cooling down dilakukan kira-kira 5 menit dengan gerakan yang ringan bertujuan untuk melenturkan kembali otot-otot yang telah digunakan

    Bentuk-bentuk latihan senam aerobik
    a. Mengangkat tangan di depan
    Kedua tangan diangkat di depan badan sampai setinggi bahu (hitungan 1 diangkat hitungan 2 diturunkan)
    b. Gerakan kera
    Tangan bergantian diangkat ke atas kepala kemudian turunkan sampai setinggi pinggang setiap irama musik
    c. Buka dan silang
    Kedua tangan mengangkat ke samping (hitungan1) kemudian silangkan di depan dada (hitungan2)
    d. Memompa
    Kedua tangan kedepan dan belakang dari bahu dengan siku sedikit ditekuk dan berada di sisi tubuh, bergantian pada setiap irama lagu. gerakan ini sama seperti ketika berjalan
    e. Tinju
    Kepalan tangan meninju ke atas, depan, silang atau ke bawah. dapat dilakukan secara bersamaan (meninju hitungan 1, kembali pada posisi start pada hitungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. MEMONITOR DENYUT NADI
      Setiap orang yang akan melakukan kegiatan Senam Aerobik harus dan perlu belajar menghitung denyut nadi, untuk mengetahui intensitas latihan (tingkat kelelahan) dirinya. Denyut nadi dapat diraba pada pergelangan tangan, atau dileher.
      Caranya : denyut nadi maksiman yang boleh dicapai pada waktu kita melakukan latihan ialah 220 – umur. Tetapi untuk Senam Aerobik yang bertujuan untuk kebugaran dan rekreasi tidak perlu berada di denyut nadi maksimal cukup diantara 60% – 80% bagi pemula, dan 72% - 87% bagi yang terlatih.
      Contoh DENYUT NADI LATIHAN (per 6 detik)

      Umur Denyut /6 detik
      17 15-18
      20 14 – 18
      25 14 – 17
      30 14 – 16
      35 13 – 16
      40 13 – 15
      45 13 – 15
      50 12 – 15
      55 12 – 14
      60 12 – 13
      65 11 – 13

      FILASAFAT SENAM AEROBIK
      BERGERAK SAMBIL BERGEMBIRA, DAN MENIKMATI SERTA MENGHAYATI, KARENA MERUPAKAN SUATU PROGRAM KESEGARAN JASMANI YANG EFEKTIF DENGAN TERDAPATNYA UNSUR-UNSUR YANG MENCEGAH “KEBOSANAN” DAN “KEJENUHAN”
      LAKUKAN DENGAN SENYUM
      (BERTY HARIO TILARSO)

      Refrensi:
      1. Kenneth M. Cooper MDMPH, “AEROBIC”
      2. Jacky Sorensens, “LIFESTYLE O AEROBICS”
      3. Jacky Sorensens, “AEROBIC DANCING”
      4. Maxine Polley, “DANCE AEROBICS”

      KONSULTAN
      1. Dr. SADOSO SUMOSARDJUNO (Dokter Olahraga)
      “Klub Aerobic” Pusat Kesehatan Olahraga Jakarta, Indonesia
      2. Dr. HARIO TILARSO (Dokter Olahraga)
      “Klub Aerobic” Pusat Kesehatan Olahraga Jakarta, Indonesia

      Hapus
  7. NAMA : RISKY AGUSTIAWAN
    NIM : 1505120064

    Pengertian Menurut Para Ahli Senam aerobik menurut Dr. Kenneth Cooper adalah kegiatan gerak badan yang memaksa tubuh memperbaiki sistemnya dan menuntut lebih banyak oksigen guna memperpanjang waktu. Senam aerobik dapat meningkatkan denyut jantung dan memompa oksigen karena gerakannya yang teratur dan dengan konsep ritme musik. Pengrtian Aerobic Aerobi c berasal dari kata aero yang berarti oksigen. Jadi aerobic sangatlah erat dengan penggunaan oksigen. Dalam hal ini berarti latihan aerobic adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama.

    Jurnal
    Menurut American College of Sport Medicine (ACSM) intensitas latihan aerobik harus mencapai target zone sebesar 60-90% dari frekuensi denyut jantung maksimal atau Maximal Heart Rate (MHR). Intensitas latihan dikatakan ringan apabila mencapai 60-69% dari MHR, sedang apabila mencapai 70-79% dari MHR, dan tinggi apabila mencapai 80-89% dari MHR.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. NAMA :M.IRVAN RAMADAN
    PRODI :PENJASKESREK 3A
    NIM :1505110096


    Jackie Sorensens (Amerika Serikat)

    Senam aerobik atau senam kesegaran jasmani adalah suatu program kesegaran jasmani yang lengkap, meliputi latihan dan kegembiraan dengan mengekspresikan segala perasaan dengan tertawa, melompat, menendang, jogging, meregang, bergoyang dengan mengombinasikan gerakan dansa atau gerakan tarian tradisional, tari rakyat, tari kontemporer.


    1. Pengertian Senam Aerobik


    Tarian aerobik populer pada akhir 1970-an. Namun, saat ini senam aerobik digemari berbagai kalangan usia. Hal tersebut dapat Anda lihat setiap Minggu pagi, lapang-lapang atau di pelataran parkir dijadikan sebagai tempat untuk melakukan senam aerobik. Lalu, apa yang dimaksud senam aerobik? Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobik mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.
    2. Manfaat Senam Aerobik
    Senam aerobik mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Tidak heran semakin hari semakin banyak orang yang menggemari latihan aerobik. Berikut ini merupakan manfaat melakukan senam aerobik.
    a. Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru


    Selama bergerak, otot membutuhkan asupan oksigen untuk bekerja. Ketika beban kerja meningkat, tubuh menanggapinya dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke seluruh otot dan jantung. Akibatnya, detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. Oksigen diubah menjadi karbondioksida, yang kemudian diembuskan. Selain itu, tubuh akan berkeringat membakar kalori dan lemak.
    b. Meningkatkan Kekuatan Otot
    Otot-otot harus dilatih melebihi beban normal. Hal ini disebut prinsip beban lebih (overload system). Untuk meningkatkan kekuatan otot, harus dilatih pada intensitas yang tinggi dalam waktu singkat, mempergunakan tenaga yang maksimal dan dilakukan secara diulang-ulang. Selain itu, berikan beban yang bervariasi supaya lebih, karena intensitas latihan beragam, dari latihan berintensitas tinggi sampai dengan intensitas yang sangat rendah, sebagai contoh aktivitas bersepeda.
    c. Meningkatkan Kelentukan

    Kelentukan adalah gerakan yang berada di sekeliling sendi. Setelah menyelesaikan latihan aerobik, melakukan peregangan akan membantu meningkatkan kelentukan dan juga membantu sirkulasi darah ke jantung. Otot sifatnya seperti pita karet. Semakin kuat mengangkatnya, semakin elastis karet itu. Jika secara rutin meregangkan badan selesai latihan, akan membuat otot persendian akan berkembang.
    d. Komposisi Tubuh


    Latihan aerobik yang tepat akan membantu mengubah komposisi tubuh, menghindari tubuh menjadi gemuk dan membentuk otot-otot. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa aerobik tidak dapat mengurangi berat badan hanya pada satu bagian tubuh saja.

    BalasHapus
  10. Nama :Devi Mayasari
    NIM :1505117065

    Jurnal

    Senam Aerobik merupakan aktifitas fisik yang mudah dilakukan dengan
    biaya yang cukup terjangkau. Senam Aerobik itu sendiri menghabiskan waktu kurang lebih satu jam yang terdiri dari 3 tahap , yakni pertama pemanasan, inti, dan pendinginan.
    Aerobik menggabungkan olahraga dengan berbagaibentuk tarian seperti balet dan jazz ke dalam olahraga harian. Biasanya olahraga ini dianggap latihan yang beresiko rendah (low-impact) dan lebih lambat dibandingkan dengan gerakan aerobik lain, meskipun ada juga yang gerakannya cepat. Karena karakteristiknya, olahraga ini sangat ideal bagi mereka yang membutuhkan olahraga seperti manula, penderita kegemukan, ibu hamil, dan DM (Dinata, 2007).

    Dari sudut pandang ilmu faal pelatihan atau aktifitas olahraga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fungsional sel, yang dengan sendirinya berarti juga meningkatkan kemampuan fungsional individu (manusia) yg bersangkutan. Pelatihan/aktivitas olahraga harus bersifat fisiologis yaitu: dari sudut pandang sel tidak menyebabkan gangguan Homeostasis yg melebihi batas-batas fisiologis. Perubahan kondisi Homeostasis harus sudah pulih
    dalam waktu tidak lebih dari 24 jam (Kraemer, 2002)
    Selama olahraga sel-sel otot menggunakan banyak glukosa dan bahan bakar nutrien lain dari biasanya untuk kegiatan kontraksi otot. Kecepatan transportasi glukosa ke dalam otot yang digunakan dapat meningkat sampai 10 kali lipat selama aktivitas fisik. Mekanisme yang bertanggung jawab terhadap peningkatan pengambilan glukosa oleh otot-otot yang bekerja masih belum jelas. Pada banyak sel termasuk otot yang sedang istirahat, difusi-terfasilitasi glukosa bergantung pada hormon insulin (Sherwood, 2006)

    BalasHapus
  11. NAMA: DICKY ANDESRADIKA
    NIM : 1505111958
    PENJAS 3A
    Gymnastics (Australia)
    "Aerobic Gymnastics is the perfect sport for active people with energy to burn. It involves performing high intensity movement patterns to heart pounding music; you can perform by yourself or join your friends in pairs and groups.
    Aerobic Gymnastics is an action packed, dynamic sport that is fast paced and is great for developing heath and fitness".
    Maksud pengertian diatas bahwa Senam aerobik adalah olahraga yang sempurna untuk orang yang aktif dengan energi untuk membakar. Ini dilakukan dengan pola pergerakan intensitas tinggi dan membuat jantung berdebar; Anda dapat melakukan sendiri atau bergabung dengan teman-teman Anda dengan pasangan dan kelompok.
    Senam Aerobik adalah tindakan yang dirangkai, olahraga dinamis yang serba cepat dan sangat bagus untuk mengembangkan kesehatan dan kebugaran.

    Pengertian dan Jenis-jenis Senam Aerobik
    Senam aerobik adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan aerobik seperti jogging, running, walking, dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan dan memperhatikan gerakan-gerakan lengan, pinggang, tungkai yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok (Amrun Bustaman,1992: 5).

    Seperti halnya olahraga yang lain,senam aerobik juga memiliki macam-macam dalam latihan yang meliputi:
    Senam Low Impact
    Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobik dalam variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan Aerobik, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low,maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. orangtua maupun muda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.
    Senam Mix Impact
    Senam ini adalah gabungan dari senam low impact dan high impact. Senam aerobik yang berupa latihan-latihan mix impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic(benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untukhigh impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobik, maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita.
    Senam High Impact
    Senam ini sangat berat dilakukan,karena intensitasnya yang tinggi dan gerakannya yang sulit serta banyak disertai lompatan- lompatan.Sehingga system kardiovaskuler bekerja lebih ekstra dan banyak menguras energi sehingga jika melakukannya cepat lelah.
    Aerobic Gymnastics adalah kemampuan untuk menampilkan gerakan secara komplek dan dengan intensitas tinggi yang pergerakannya diiringi dengan irama musik, yang terdiri dari aktifitas aerobik tradisional. Pergerakan yang dilakukan harus menunjukkan gerak yang terus menerus, meliputi fleksibilitas, kekuatan dan pergerakan kaki terdiri dari tujuh basic step, tingkat kesulitan yang tinggi tanpa terkena eksekusi atau pemotongan nilai (FIG, 2005-2008).
    Cara cara melakukana senam aerobik
    Tahap-tahap melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut:
    Menurut DR. Nicholas A. Dinubile, cara terbaik untuk melakukannya, yaitu:
    a.. Ambil angka 220 dan kurangi dengan usia anda untuk memperoleh angka denyut jantug.
    b.. Cobalah untuk berlatih pada range 65 – 85 persen dari denyut jantung maksimal anda.
    c.. Untuk mengetahui denyut jantung anda selama latihan, hitung denyut nadi di

    Sumber : DR. Nicholas A. Dinubile, Amrun Bustaman,1992: 5, Gymnastics (Australia)

    BalasHapus
  12. Nama : Nabil Ibadurrahman
    Nim : 1505113299

    Telah dilakukan penelitian pada mahasiswi FIK UNY yang berusia 18,0-
    21,0 tahun, dan dibagi dalam tiga kelompok : kelompok SAIS, kelompok SAIT
    dan kelompok kontrol. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik simpulan
    bahwa (1) SAIS yang dilakukan selama 8 minggu dapat menurunkan PLB,
    sedangkan SAIT tidak dapat menurunkan PLB, (2) SAIS mempunyai pengaruh
    yang lebih besar terhadap penurunan PLB dibandingkan dengan SAIT, (3) SAIS
    dan SAIT yang dilakukan selama 8 minggu tidak dapat meningkatkan LBW, (4)
    SAIT mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap peningkatan LBW
    dibandingkan dengan SAIS.
    Peningkatan LBW dipengaruhi oleh beberapa faktor terutama
    peningkatan massa otot rangka yang terjadi lebih awal dan massa tulang yang
    terjadi lebih lama. Oleh sebab itu penelitian ini sebaiknya dilanjutkan dengan
    penelitian-penelitian lain yang serupa yang dilakukan dalam waktu yang lebih
    lama untuk dapat memantau perubahan terhadap PLB dan LBW. Selain itu perlu
    juga dilakukan penelitian mengenai pengaruh senam aerobik terhadap otot rangka dan tulang menggunakan metode secara langsung dengan alat yang lebih canggih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAIT : Senam Aerobik Intensitas Tinggi
      SAIS : Senam Aerobik Intensitas Sedang
      PLB : Persentase Lemak Badan
      LBW : Lean Body Weight (Berat badan ramping)

      Hapus
  13. Nama:M.rizki.c
    Nim:1505113075
    New South Wales Gymnastics Association Inc.

    "Aerobic Gymnastics combines gymnastics skills with dance in a fast-paced, fun and energetic gym sport.
    Performing to music, the gymnasts performs high intensive, continuous movements, utilising strength, flexibility and agility.
    Aerobic Gymnastics can be performed as a solo gymnast or with friends, both providing for a highly entertaining and crowd-engaging sport!".
    Maksud pengertian diatas:
    Senam Aerobik menggabungkan keterampilan senam dengan tarian dalam serba cepat, menyenangkan dan energik olahraga kebugaran.
    Pertunjukan musik, para pesenam melakukan tinggi intensif, gerakan terus menerus, memanfaatkan kekuatan, fleksibilitas dan kelincahan.
    Senam Aerobik dapat dilakukan sebagai pesenam solo atau dengan teman-teman, baik menyediakan untuk olahraga yang sangat menghibur dan kerumunan menarik!

    Jenis-jenis senam aerobik
    Senam aerobik memanfaatkan irama musik. Irama musik ini berfungsi sebagai panduan gerakan senam, pemberi motivasi dan semangat kepada peserta senam.
    Berdasarkan jenis musik pengiringnya dan alat yang digunakan senam aerobik dibedakan menjadi :
    a. High impact aerobics yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan aliran gerakan keras
    b. Low impact aerobics yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan aliran gerakan ringan
    c. Discorobic yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan gerakan-gerakan aerobik aliran ringan
    d. Rockrobic yaitu senam aerobik yang
    dilakukan dengan kombinasi gerakan-gerakan aerobik ringan
    dan gerakan rock n roll
    e. Aerobic sport yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi gerakan-gerakan keras dan gerakan ringan serta gerakan-gerakan kelentukan
    f. Aerobic dance yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
    g. Aerobik dengan menggunakan alat yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan peralatan, seperti bangku, kursi, tongkat, tali, pita, maupun bola. Penggunaan alat ini sebagai upaya untuk menambah variasi, intensitas, dan volume latihan.

    BalasHapus
  14. Nama: Farras Naufal
    NIM: 1505111275

    PENGERTIAN SENAM AEROBIK (AEROBIC GYMNASTIC)


     Senam Aerobik

    Aerobik mempunyai pengertian yang luas daripada gambaran sehari-hari.
    Pelopor aerobik adalah Dr.Kenneth Cooper pada tahun 1960, dan merupakan konsep latihan baru. Dr.Kenneth menjelaskan bahwa dengan iringan musik dan gerakan yang teratur, dapat membuat tubuh memompa oksigen dan meningkatkan denyut jantung/nadi.

    Arit aerobik sendiri menurut kamus adalah "hidup dalam udara" atau "memanfaatkan oksigen". Aerobik dalam arti sebenarnya adalah kegiatan gerak badan, olahraga, yang menuntut lebih banyak oksigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya sehingga bertanggung jawab untuk mentranspor lebih banyak oksigen. Dengan kata lain, Aerobik dilakukan dalam sebuah kondisi atau keadaan yang tenang.

    Jadi, Pengertian Senam Aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobikmengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Pada senam aerobik memiliki karakter yang lebih fantastik untuk meningkatkan kualitas daya tahan cardiovasculer (sistem peredaran darah)
    dan juga sering di jadikan alternatif untuk melangsingkan tubuh, menjaga tubuh agar tetap bugar, maupun tujuan yang lain.


    Sumber: AHMAD WINDIYATNO, S.PD
    http://funaerobik.blogspot.co.id/2013/09/definisi-senam-aerobik.html

    BalasHapus
  15. NAMA :AHMAD FADILAH
    NIM. :1505111984

    Aerobik adalah sebuah aktifitas yang menyenangkan dan mudah dilakukan. Menurut Tika Yonkuro (2006,1), senam aerobic adalah merupakan latihan yang menggabungkan berbagai macam gerak, berirama, teratur dan terarah, serta pembawaannya yang riang. Senam aerobik mempunyai susunan latihan yang seimbang antara latihan upper body dan lower body. Untuk dapat menguasai gerakan yang seimbang diperlukan adanya berbagai keterampilan yang mendukung seperti kepekaan terhadap musik, kreatifitas gerak, kemampuan menggabungkan gerakan secara dinamis,dan harmonis serta beberapa pendukung materi yang lain.

    Dengan demikian senam aerobic adalah merupakan latihan yang menggerakkan seluruh otot, terutama otot besar dengan gerakan yang terus – menerus (continous), berirama, maju dan berkelanjutan. Gerakan dipilih yang mudah, menyenangkan dan bervariasi sehingga memungkinkan seseorang untuk melakukan secara teratur dalam kurun waktu yang lama.

    Pengaruh dan Manfaat Senam Aerobik
    Senam aerobic yang dilakukan dengan benar dapat memberi manfaat bagi kebugaran jasmani. Kebugaran sering dikaitkan dengan kemampuan seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa rasa lelah yang berarti dan masih mempunyai cadangan energi untuk keperluan mendadak. Kebugaran merupakan pendukung utama penampilan dan prestasi, ditopang oleh kerja sama system tubuh. Pengaruh seketika disebut respon dan pengaruh jangka panjang akibat latihan teratur disebut adaptasi.Dengan demikian apabila melakukan senam aerobik secara kontinu/terus-menerus, akan memberi dampak/pengaruh : respon dan adaptasi pada jantung, system pernapasan, system energi, dan respon adaptasi khusus.

    Sumber : infodanpengertian.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-senam-aerobik-dan-manfaat.htmi?m=1

    BalasHapus







  16. Nama:Leni Marlina
    Nim :1505122663

    Pengertian senam aerobik adalah setiap jenis kegiatan fisik yang di lakukan pada tingkat intensitas sedang untuk jangka waktu tertentu, dalam hal ini oksigen di gunakan untuk "membakar lemak "dan gula, agar lemak terbakar sempurna selama latihan fisik perlu oksigen yang cukup. Aerobik di gunakan untuk latihan peregangan dan pelatihan kekuatan dengan tujuan meningkatkan kemampuan fleksibilitas kebugaran dan kekuatan otot seseorang

    Dampak Senam Aerobik terhadap Daya Tahan Tubuh dan Penyakit
    Purwanto -

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak senam aerobik terhadap daya tahan tubuh dan penyakit peserta senam aerobik di sanggar senam aerobik Magelang. Subjek penelitian adalah 60 orang ibu di Magelang. Mereka terdiri dari 30 orang ibu  peserta senam aerobik dan 30 orang ibu yang tidak melakukan senam aerobik sebagai pembanding. Teknik mengumpulkan data menggunakan angket. Analisis datanya menggunakan Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat daya tahan tubuh terhadap penyakit peserta senam aerobik dengan tingkat daya tahan tubuh terhadap penyakit peserta tidak mengikuti senam aerobik terdapat perbedaan yang signifikan dengan z = 3,803 dan p < 0,05 dan rerata sebesar 84,80 untuk yang mengikuti senam aerobik, sedang yang tidak mengikuti senam aerobik dengan rerata sebesar 77,03. Dengan demikian bahwa tingkat daya tahan tubuh terhadap penyakit yang tidak mengikuti senam aerobik. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa senam aerobik dapat berdampak pada daya tahan tubuh terhadap penyakit.

    Kata Kunci: aerobik; daya tahan; penyakit



    This study aims to determine the effects of aerobic exercises on endurance to disease aerobics participants in the aerobics studio Magelang. Subjects were 60 mothers in Magelang. They consist of 30 married women-the mothers aerobics participants and 30 mothers who do not do aerobics as a comparison. Techniques to collect data using questionnaires. Data analysis using the Mann Whitney U Test. The results showed that the level of resistance to disease aerobics participants with a level of resistance to disease aerobics participants did not follow any significant difference by z to 3.803 and p <0.05 and a mean of 84.80 to the following aerobic gymnastics, while that does not follow aerobics with a mean of 77.03. Thus the level of immunity against diseases that do not follow the aerobics. Based on the findings of this study, it can be concluded that aerobic exercise had affect to endurance and diseases.

    Keywords: aerobics; endurance; diseases


    Full Text:
    PDF
    References

    Budioro, B. 1996. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Semarang: FKM UNDIP

    Cotes, J.E. 1975. Lungfunction. Third Edition. Oxford: Black Well

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. NAMA:SYAFNI ELVITA
    NIM:1505117042
    Pengertian senam aerobic, Menurut Agus Mahendra (2000, 14) Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobik mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.
    Ruang Lingkup Senam Aerobik
    A. Macam-macam senam aerobik menurut cara melakukan dan musik sebagai pengiringnya dibedakan ada lima:
    1. .High impact aerobics (senam aerobik gerakan keras)
    2. .Low impact aerobics (senam aerobik gerakan ringan)
    3. .Discorobic (kombinasi antara gerakan aerobic gerakan keras, ringan dan disco)
    4. .Rokrobic (kombinasi gerakan aerobic keras, ringan dan gerakan rock n’roll)
    5. .Aerobic sport (kombinasi antara gerakan aerobic keras, ringan dan gerakan kelentukan)
    B. Manfaat senam aerobic:
    1. .Dapat membakar lemak yang berlebihan di tubuh, meninkatkan daya tahan jantung dan paru, serta memperbaiki penampilan, mengguatkan, mengencangkan dan membentuk otot bagian tubuh,yaitu pinggul, paha, pinggang, perut, dada, punggung, lengan dan kaki.
    2. .Program penurunan berat badan
    3. .Meningkatkan nafsu makan
    4. .Mencegah penyakit yang menyerang tubuh
    C. Takaran Latihan
    Agar dapat meningkatkan kesegaran jasmani latihan dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup, yaitu:
    1. Intensitas latihan dapat dilihat dari denyut nadi, apabila usia 40 tahun ke atas denyut nadi awal 125/menit, maka denyut nadi akhir tidak boleh lebih dari 153/menit setelah latihan. Untuk usia 15-17 tahun denyut nadi awal 143/menit, maka denyut nadi tidak boleh lebih dari 174/menit setelah latihan.
    2. Lamanya latihan : minimal 15 menit
    3. Frekuensi latihan : 3 hari dalam 1 minggu/ 5 hari/minnggu
    Gerakan Senam Aerobik
    • Latihan-latihan senam aerobic terdiri dari:
    1. Latihan jalan di tempat
    2. Latihan lari di tempat atau keliling
    3. Latihan Lompat-lompat bervariasi
    4. Latihan ayunanlengan
    • Karakter senam aerobic menggunakan susunan sebagai berikut”
    1.Latihan Pemanasan (fase warming up)
    Gerakan pemanasan sangat penting sebelum kita melakukan gerakan inti,akan tetapi terkadang banyak orang yang melailaikan, hingga mengakibatkan otot sakit (cidera), frustasi ataupun tegang.
    Pemanasan mempunyai 2 tujuan penting, yaitu:
    a Menarik dan memanaskan otot-otot anggota tubuh
    b.Menyiapkan denyut jantung, hingga tubuh dapat bergerak secara berangsur-angsur untuk mendapat denyut jantung yang lebih tinggi dalam fase aerobik (inti).
    Umumnya pemanasan harus terdiri dari latihan ringan untuk 3-5 menit, jangan sampai melakukan latingan yang berat, karena akan memerlukan banyak oksigen. Justru dengan latihan yang barat akan membutuhkan oksigen yang banyak sehingga akan menyebabkan keletihan ketika memulai fase aerobik (inti).
    2.Latihan inti (fase aerobic), yang terdiri atas:
    a Pelemasan, penguatan, pelepasan
    b Keseimbangan
    c Ketangkasan
    d Keterampilan
    e Kelincahan
    f Jalan, lari
    g Lompat/ loncat
    h Kombinasi
    Fase ini merupakan inti dari gerakan senam. Kegiatan senam irama harus dilakukan dengan teratur sesuai jadwal. Model gerakan pada fase ini adalah gerakan yang ringan dengan gerakan pelan tanpa gerakan yangkuat. Umumnya dalam fase ini gerakannya diulang 2-5 kali ulangan.
    3.Latihan pendinginan (fase colling down)
    Fase ketiga dari aktivitas senam disebut fase pendinginan atau ‘cooling down’ yang memerlukan sedikitnya waktu 5 menit. Pada fase ini harus tetap bergerak, tetapi cukup pelan untuk membeiarkan detak jantung menurun secara berangsur-angsur. Hal terpenting pada akhir latihan senam irama ialah perlunya untuk tetap bergerak agar darah dapat dipompakan dari sekitar kaki menuju pusat sistem peradarah darah. Jika tidak dilakukan bisa menyebabkan pusing atau sedikit sakit kepala atau bahkan bisa pingsan.
    .

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. NAMA = DONI KURNIAWAN
    NIM =1505112578
    Senam aerobic merupakan rangkaian gerak ritmis dengan iringan music dikerjakan secara berkelanjutan dengan menggunakan otot-otot besar tubuh. Adapaun fase-fase atau sistematika dalam senam aerobic menurut Fajar, CS adalah:
    A.Pemanasan (Warming UP)
    Pemanasan merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk mengawali suatu aktivitas olahraga atau latihan dengan tujuan untuk memepersiapkan seluruh anggota tubuh/ anggota badan agar dapat melakukan aktivitas gerakan yang lebih berat pada latihan berikutnya dan tidak menimbulkan cidera. Pemanasan terdiri dari:
    1.Gerakan setempat (Isolation)
    2.Pemompa jantung (Full Body Movement)
    3.Kelenturan dan peregangan (Flexibility and Stretching).
    B.Latihan Inti
    Latihan inti meliputi 3 bagian, yaitu:
    1.Pemanasan aerobic dengan menggunakan low impact aerobic.
    2.Puncak aerobic dilakukan dengan low impact, high impact, dan mix impact aerobic.
    3.Pendinginan dilakukan dengan menggunakan low impact aerobic.
    C.Latihan Pembentukan (Calishenic)
    Latihan pembentukan otot-otot tubuh dapat dilakukan dengan beban tubuh sendiri atau dengan beban luar. Latihan ini meliputi pembentukan otot lengan atas, bahu, dada, perut, punggung, pinggang dan lain sebagainya.
    D.Peregangan dan Pendinginan
    Latihan pendinginan dilakukan dengan tujuan menurunkan suhu badan sehingga kembali ke normal, dengan menurunkan intensitas latihan secara bertahap melalui gerakan-gerakan melenturkan dan meregangkan otot tubuh dengan rileks secara pelan-pelan.
    •Teknik Gerak Senam Aerobik
    Teknik gerak senam aerobic harus dapat dikuasai dengan baik, sehingga mendapatkan hasil sesuai tujuan yang diharapkan dan terhindar dari cidera. Menurut Endang R jenis latihan aerobic meliputi:
    1.Aerobic benturan ringan (aerobik low impact) adalah latihan aerobic yang melibatkan gerakan pada seluruh badan (leher dan kepala, tubuh, lengan, tungkai) secara ritmis dengan menggunakan iringan music dengan beat tertentu untuk mencapai denyut nadi latihan sebesar 60-69% dari frekuensi denyut nadi maksimal dengan variasi benturan ringan, dengan contoh gerakan:
    1.Piles : gerakan mengeper dengan lutut
    2.Heel touch : langkah kanan – sentuhkan tumit kiri
    3.Step touch : langkah kanan – sentuh ujung kaki kiri (disingkat ka. Ki disamping/ didepan)
    4.Step close : langkah kanan – tutupkan kaki kanan kiri
    5.Double step : langkah kaki kanan – tutup kaki kiri, langkah kaki kanan – tutup kaki kiri
    6.Lunges : melangkah dengan memindahkan berat badan
    7.Touchback : langkah kanan – sentuhkan kaki kiri kebelakang
    8.Membuat variasi langkah dengan syarat satu kaki tetap berada di lantai
    9.Aerobik benturan keras (aerobic high impact), yaitu latihan aerobic yang melibatkan gerakan pada seluruh badan badan (leher dan kepala, tubuh, lengan, tungkai) secara ritmis dengan menggunakan iringan music dengan beat tertentu untuk mencapai denyut nadi latihan sebesar 80-89% dari frekuensi denyut nadi maksimal dengan variasi benturan keras, dengan contoh gerakan:
    •Jogging : lari pelan ditempat
    •Jumping jack : melompat sambil membuka dan menutupkan kedua kaki
    •Step kick : langkah sambil menyepak (kedepan samping)
    •High leg kick : melompat atas satu kaki sambil kaki lain menendang kedepan kaki atas
    •Easy walk : step – langkah buka kedepan – langkah mundur tutup
    •Membuat variasi langkah dengan kedua kaki lepas dari lantai secara bersamaan
    10.Aerobik benturan ganda (kombinasi ringan dan keras)
    •Ski jump : langkah seret kedepan – lompat atas dua kaki
    •Polka : langkah kaki kanan – kaki kiri – kaki kanan – kaki kiri lompat ganti yang lain
    •Skip : berlari-lari sambil melompat
    •Pony : lompatan yang diawali dengan langkah
    •Variasi gerakan dengan kombinasi aerobic benturan ringan dan aerobic benturan keras dengan perbandingan 1:1, 1:2, 2:1, 1:3, 3:1 dan seterusnya disesuaikan dengan tingkat kebugaran jasmani peserta.


    BalasHapus
  22. Nama:defi
    Nim:1505115891

    Pengertian Senam Aerobik

    1. Pengertian Senam Aerobik




    Tarian aerobik populer pada akhir 1970-an. Namun, saat ini senam aerobik digemari berbagai kalangan usia. Hal tersebut dapat Anda lihat setiap Minggu pagi, lapang-lapang atau di pelataran parkir dijadikan sebagai tempat untuk melakukan senam aerobik. Lalu, apa yang dimaksud senam aerobik? Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Aerobik mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.


    2. Manfaat Senam Aerobik

    Senam aerobik mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Tidak heran semakin hari semakin banyak orang yang menggemari latihan aerobik. Berikut ini merupakan manfaat melakukan senam aerobik.


    a. Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru






    Selama bergerak, otot membutuhkan asupan oksigen untuk bekerja. Ketika beban kerja meningkat, tubuh menanggapinya dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke seluruh otot dan jantung. Akibatnya, detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. Oksigen diubah menjadi karbondioksida, yang kemudian diembuskan. Selain itu, tubuh akan berkeringat membakar kalori dan lemak.


    b. Meningkatkan Kekuatan Otot

    Otot-otot harus dilatih melebihi beban normal. Hal ini disebut prinsip beban lebih (overload system). Untuk meningkatkan kekuatan otot, harus dilatih pada intensitas yang tinggi dalam waktu singkat, mempergunakan tenaga yang maksimal dan dilakukan secara diulang-ulang. Selain itu, berikan beban yang bervariasi supaya lebih, karena intensitas latihan beragam, dari latihan berintensitas tinggi sampai dengan intensitas yang sangat rendah, sebagai contoh aktivitas bersepeda.


    c. Meningkatkan Kelentukan



    Kelentukan adalah gerakan yang berada di sekeliling sendi. Setelah menyelesaikan latihan aerobik, melakukan peregangan akan membantu meningkatkan kelentukan dan juga membantu sirkulasi darah ke jantung. Otot sifatnya seperti pita karet. Semakin kuat mengangkatnya, semakin elastis karet itu. Jika secara rutin meregangkan badan selesai latihan, akan membuat otot persendian akan berkembang.


    d. Komposisi Tubuh

    Latihan aerobik yang tepat akan membantu mengubah komposisi tubuh, menghindari tubuh menjadi gemuk dan membentuk otot-otot. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa aerobik tidak dapat mengurangi berat badan hanya pada satu bagian tubuh saja.


    3. Latihan Senam Aerobik

    Lakukan latihan senam aerobik secara teratur. Aturan latihan senam aerobik tersebut adalah sebagai berikut:


    a. Pemanasan

    Pemanasan (warming up) adalah persiapan emosional, psikologis, dan fisik untuk melakukan latihan. Tujuan latihan pemanasan adalah menaikkan denyut jantung secara berangsur-angsur, mempersiapkan otot-otot dan persendian, meningkatkan suhu inti tubuh, meningkatkan sirkulasi cairan tubuh, dan mempersiapkan diri secara psikologis dan emosional.





    BalasHapus
  23. RIA MONA AMELISA
    1505113116

    Menurut (Amrun Bustaman,1992: 5). Senam aerobic adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan aerobic seperti jogging, running, walking, dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan dan memperhatikan gerakan-gerakan lengan, pinggang, tungkai yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok Seperti halnya olahraga yang lain. Senam aerobic memiliki macam-macam dalam latihan yang meliputi:

    1. Low Impact
    2. Mix Impact
    3. High Impact

    1. Senam Low Impact
    Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobic dalam variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan Aerobic, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low, maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. orangtua maupun muda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.

    2. Senam Mix Impact
    Senam ini adalah gabungan dari senam low impact dan high impact. Senam aerobic yang berupa latihan-latihan mix impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic (benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untuk high impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobic, maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita.

    3. Senam High Impact
    Senam ini sangat berat dilakukan,karena intensitasnya yang tinggi dan gerakannya yang sulit serta banyak disertai lompatan- lompatan.Sehingga system kardiovaskuler bekerja lebih ekstra dan banyak menguras energi sehingga jika melakukannya cepat lelah.
    Aerobic Gymnastics adalah kemampuan untuk menampilkan gerakan secara komplek dan dengan intensitas tinggi yang pergerakannya diiringi dengan irama musik, yang terdiri dari aktifitas aerobic tradisional. Pergerakan yang dilakukan harus menunjukkan gerak yang terus menerus, meliputi fleksibilitas, kekuatan dan pergerakan kaki terdiri dari tujuh basic step, tingkat kesulitan yang tinggi tanpa terkena eksekusi atau pemotongan nilai (FIG, 2005-2008).
    Senam aerobic banyak di lakukan di rumah-rumah fitness. Bahkan kini senam aerobic banyak dijadikan program kesehatan bagi ibu-ibu rumah tangga di pedesaan dengan mengadakan latihan senam aerobic seminggu dua kali di balai desa. Tidak hanya untuk kebugaran paru-paru dan jantung saja, namun senam aerobic juga banyak digunakan untuk program penurunan berat badan. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta senam aerobic yang mengikuti program senam aerobic dengan alasan untuk menurunkan kelebihan berat badan.

    Manfaat senam aerobic

    1. Menguatkan Jantung
    Jantung yang kuat akan mencegah datangnya penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung. Detak jantung yang meningkat ketika latihan aerobic sering dikaitkan dengan lebih cepatnya pembakaran lemak.

    2. Menguatkan Otot dan Tulang
    Meningkatnya kekuatan otot akan meningkatkan kekuatan tulang pula.

    3. Mengendalikan Kadar Gula Darah
    Jumlah kolesterol baik yang meningkat dalam tubuh akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula darah.

    4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Kekebaln tubuh yang meningkat akan membuat tubuh sulit diserang penyakit.

    5. Meningkatkan Energi
    Dengan melakukan aerobic selama 20 menit, maka energi akan meningkat sebesar 20%. Demikian yang diungkapkan peneliti dari University of Georgia. Hal tersebut dapat terjadi karena ketika melakukan aerobic, suplai oksigen tubuh dan energi ikut meningkat.


    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Nama :NORMANSYAH
    NIM :1505114616
    PENJASKESREK 3A
    Aerobik berasal dari kata aero yang berarti oksigen. Jadi aerobik sangatlah erat dengan penggunaan oksigen. Dan aerobik berdasarkan istilahnya berasal dari bahasa Yunani yang artinya hidup dengan udara atau oksigen, maka dalam perkataan aerobik terkandung makna bahwa aerobik merupakan kegiatan fisik dengan membutuhkan udara atau oksigen untuk menunjang aktivitas tubuh kita. Hal ini berarti latihan aerobik adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama. Menurut Brick (2002: 25) menyatakan “aerobik adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan yang mudah dilakukan”. Senam aerobik merupakan salah satu aktivitas fisik yang bertujuan untuk melatih otot jantung agar bisa bekerja dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Menurut bahasa senam aerobik adalah suatu aktivitas fisik yang tersusun secara sistematis yang membutuhkan oksigen untuk menunjang aktivitas tubuh seseorang guna mencapai tujuan tertentu. Menurut Giriwijoyo (2012 : 399) “senam aerobik adalah olahraga kesehatan bertingkat sasaran III (olahraga aerobik) yang wujudnya adalah gerakan-gerakan senam.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. NAMA : YUSKRI AKBAR
    NIM : 1505110742
    KELAS : PENJASKESREK 3A

    Senam aerobic pertama kali dikenalkan di Amerika pada tahun 1970-an dan masuk di Indonesia pada tahun1980an.Pada akhir tahun 1980 olahraga senam aerobic yang dulunya dikenal masyarakat sebagai aktivitas kebugaran dan rekreasi mulai dikompetisikan ditingkat nasional dan internasional dengan sebutan fitaerobics serta nomor yang dipertandingkan hanya satu yaitu individual putera dan puteri.
    Karena perkembangan jumlah organisasi yang pesat, pada awal tahun 1990-an fitaerobics diganti dengan istilah aerobic competitive. Peraturan perlombaan diperbaiki sesuai dengan tingkat kemajuan para atlet dari kemampuan fisik maupun teknik, serta kategorinya ditambah yaitu berpasangan dan trio. Segala hal yang menyangkut keanggotaan aerobic competitive diatur oleh International Aerobics Federation (IAF) yang berpusat di Tokyo, Jepang.
    Pada tahun yang sama Federation International Gymnastique (FIG) yang selama ini hanya menaungi senam artistic dan ritmik sportif menyelenggarakan kejuaraan dunia Sports Aerobics yang pertama pada bulan Juli 1995 di Paris dengan sebutan Sports Aerobics.
    Seiring saat Sports Aerobics mendapatkan pengakuan dari FIG sebagai salah satu nomor yang diakui selain senam artistic dan ritmik sportif, maka secara otomatis pembinaan Sports Aerobics di Indonesia dilakukan oleh PB. PERSANI. Dan setiap kegiatan kompetisi yang diselenggarakan di tanah air harus selalu mengacu pada peraturan FIG yang dikenal dengan istilah Code of Points. Komisi teknik Sports Aerobics FIG selalu mengevaluasi dan merevisi Code of Points setiap 4 tahun sekali.
    Sports Aerobics Indonesia tampak semakin cerah, saat disetujuinya olahraga baru ini sebagai salah satu nomor lomba yang untuk pertama kalinya diikut sertakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XV di Surabaya tahun 2000 lalu. Atlet Indonesia mempunyai peluang untuk menjadi juara dunia, karena pada cabang olahraga ini tidak dipengaruhi oleh tinggi badan yang selama ini merupakan hambatan orang Indonesia untuk berprestasi pada cabang-cabang olahraga tertentu.
    Pada tahun 2005 istilah sports aerobics diganti dengan sebutan aerobic gymnastics. Peraturan kejuaraan yang ada dalam aerobic gymnastics pun berubah pada saat itu, dan nomor yang dipertandingkan adalah single, couple, trio dan groups. Aerobic gymnastics merupakan nomor baru dalam dunia senam. Nomor ini terdiri dari 12 (dua belas) elemen keterampilan yang memerlukan waktu 1,40-1,50 detik. Unsur yang dinilai adalah penampilan dilapangan, yang meliputi 3 faktor penting yang dinilai dalam aerobic aymnastics yang meliputi artistic, execution, dan difficulty.

    A. Pengertian dan Jenis-jenis Senam Aerobik
    Senam aerobik adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan aerobik seperti jogging, running, walking, dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan dan memperhatikan gerakan-gerakan lengan, pinggang, tungkai yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok (Amrun Bustaman,1992: 5).
    Seperti halnya olahraga yang lain,senam aerobik juga memiliki macam-macam dalam latihan yang meliputi:
    1. Low Impact
    2. Mix Impact
    3. High Impact



    Sumber: http://putra27-arema.blogspot.co.id/2011/02/sejarah-senam-aerobik-senam-aerobic.html

    BalasHapus
  28. NAMA: RIO ANDIYAWAN
    NIM : 1505115448

    Senam Aerobik
    Serangkaian gerakan yang di padukan dengan irama musik yang dipilih dengan durasi tertentu dengan tujuan meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh, menguatkan otot dan menjaga kesehatan tubuh.

    untuk mengetahui
    dampak senam aerobik terhadap daya tahan tubuh dan
    penyakit peserta senam aerobik di sanggar senam aerobik
    Magelang. Subjek penelitian adalah 60 orang ibu di
    Magelang. Mereka terdiri dari 30 orang ibu peserta senam
    aerobik dan 30 orang ibu yang tidak melakukan senam
    aerobik sebagai pembanding. Teknik mengumpulkan data
    menggunakan angket. Analisis datanya menggunakan
    Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan
    bahwa tingkat daya tahan tubuh terhadap penyakit peserta
    senam aerobik dengan tingkat daya tahan tubuh terhadap
    penyakit peserta tidak mengikuti senam aerobik terdapat
    perbedaan yang signifikan dengan z = 3,803 dan p < 0,05
    dan rerata sebesar 84,80 untuk yang mengikuti senam
    aerobik, sedang yang tidak mengikuti senam aerobik
    dengan rerata sebesar 77,03. Dengan demikian bahwa
    tingkat daya tahan tubuh terhadap penyakit yang tidak
    mengikuti senam aerobik. Berdasarkan temuan penelitian
    ini dapat disimpulkan bahwa senam aerobik dapat
    berdampak pada daya tahan tubuh terhadap penyakit.
    adanya perbedaan
    tingkat daya tahan tubuh terhadap penyakit
    bisa dilihat dari hasil analisis dengan
    menggunakan analisis Mann Whitney U Test
    yang menunjukkan bahwa tingkat daya tahan
    tubuh terhadap penyakit peserta yang
    mengikuti senam aerobik dan tingkat daya
    tahan tubuh terhadap penyakit peserta yang
    tidak mengikuti senam aerobik berbeda secara
    signifikan. Tingkat daya tahan tubuh terhadap
    penyakit peserta yang mengikuti senam
    aerobik lebih tinggi dibandingkan tingkat daya
    tahan tubuh terhadap penyakit peserta yang
    tidak mengikuti senam aerobik. Dengan
    demikian dapat disimpulkan bahwa senam
    aerobik bisa berdampak pada daya tahan
    tubuh terhadap penyakit peserta senam
    aerobik di sanggar senam aerobik Magelang.

    Diterima: Mei 2011. Disetujui: Juni 2011. Dipublikasikan: Juli 2011
    © Universitas Negeri Semarang 2011

    BalasHapus
  29. nama:syaprizal
    nim:1505120427

    Senam aerobik merupakan latihan yang menggerakan seluruh otot terutama otot besar dengan gerakan terus menerus, berirama, maju, berkelanjutan. Dalam senam aerobik dipilih yang mudah, menyenangkan dan bervariasi sehingga memungkinkan seseorang untuk melakukanya secara teratur dalam kurun waktu yang lama, oleh kerena itu diperlukan energi dari proses oksidasi. Senam aerobik memerlukan suasana yang menyenangkan sehingga anggota akan termotivasi sesuai latihan program yang telah ditetapkan. Salah satu cara yang ditempuh adalah digunakanya iringan musik selama latihan. Selain meningkatkan motivasi latihan, musika juga berguna untuk pengaturan waktu latihan, kecepatan serta menjaga agar latihan dapat dilakukan dengan gerakan bersama. Dengan demikian, intensitas latihan diharapkan dapat diatur dengan tempo kecepatan lagu dan beat permenit dari sebuah lagu yang mengiringinya.

    Menurut American College of Sport Medicine (ACSM) intensitas latihan aerobik harus mencapai target zone sebesar 60-90% dari frekuensi denyut jantung maksimal atau Maximal Heart Rate (MHR). Intensitas latihan dikatakan ringan apabila mencapai 60-69% dari MHR, sedang apabila mencapai 70-79% dari MHR, dan tinggi apabila mencapai 80-89% dari MHR. Intensitas latihan dapat ditingkatkan dengan menambah beban latihan gerakan meloncat-loncat atau dengan mempercepat gerakan senam (Pollock & Wilmore, 1990).

    Hodder & Stonghton (1997) melaporkan bahwa senam aerobik dapat menurunkan persentase kolesterol badan serta menambah myofilamen otot, struktur pada tulang dan jaringan ikat. Khusus pengaruhnya terhadap kolesterol badan, patrilasni et al. (1997) menyimpulkan bahwa senam aerobik yang dilakukan selama 12 minggu dapat menurunkan persentase kolesterol badan secara bermakna, dengan rata-rata penurunan persentase kolesterol badan sebesar 17,36%. Abe et al.(1996) melaporkan bahwa latihan aerobik seperti lari, bersepeda dan senam dapat menurunkan persentase kolesterol badan total yang menyatakan besarnya berat kolesterol badan dibandingkan dengan berat badan secara keseluruhan (Mc Ardle et al., 1986)

    Latihan aerobik yang baik dilakukan dengan frekuensi 3-5 kali perminggu dengan durasi latihan 20-30 menit setiap latihan (Wilmore & Costill,1994). Ahli lain, Giam & Teh (1992) mengatakan bahwa durasi latihan 15-30 menit sudah dinilai cukup apabila latihan dilakukan secara terus menerus dan dihului 3-5 menit pemanasan dan di akhiri 3-5 menit pendinginan. Abe et al.(1997) melaporkan bahwa latihan aerobik 3-5 kali perminggu seperti yang direkomendasikan ASCM dapat menurunkan massa lemak subkutan dan kolesterol viseral.

    sumber:https://decungkringo.wordpress.com/tag/pengertian-aerobik/

    BalasHapus
  30. Nama: RAMADANIA
    Nim : 1505116875
    Penjaskesrek 3A

    Senam Aerobik adalah aktivitas (gerak) yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok orang secara berirama, menggunakan otot-otot besar, serta penggunaan sistem energi dengan oksigen, yang bertujuan untuk peningkatan dan pemeliharaan kebugaran tubuh serta tujuan lain yang relevan, dan penggalian nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Banyak orang melakukan senam aerobik karena dapat menurunkan berat badan dan mengecilkan perut selain dengan cara diet seperti diet golongan darah.
    Senam Aerobik dipilih sebagai aktivitas olahraga yang menyenangkan karena dapat meningkatkan dan mengembangkan:
    1.Aspek organik
    2.Aspek neuromuskular
    3.Aspek perseptual
    4.Aspek kognitif
    5.Aspek sosial
    6.Aspek emosional
    Pada dasarnya gerakan senam aerobik yang paling menonjol adalah gerakan kaki dan gerakan lengan. Adapun macam-macam gerakan kaki dan gerakan lengan sebagai berikut :
    A.Gerakan Kaki :
    1.Langkah Tunggal
    2.Langkah Ganda
    3.Heel Touch
    4.Knee Up
    5.Lounges
    6.V Step
    7.Skip (low kick)
    8.Jumping Jack
    9.High Kick
    10.Ball of Feed Touch
    11.March
    12.Jog, dll
    B.Gerakan Lengan :
    1.Arm Curl
    2.Butterfly
    3.Pull Chest
    4.Push Chest
    5.Arm Extension
    6.Arm Pumping
    7.Pull Up/Down
    Sedangkan memilih lagu/musik sebagai pengiring gerak hendaknya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
    1.Tipe, jenis, tempo sesuai dengan gerakan.
    2.Lagu dikenal oleh pemakai (populer).
    3.Mengundang keceriaan
    Membangkitkan semangat untuk bergerak.
    4.Bervariasi walaupun masih dalam satu rangkaian
    Ketukan jelas 2/4, 4/4, serta jelas tiap-tiap frasenya.
    Tata urutan senam aerobik adalah sebagai berikut :
    1.Pemanasan (15 menit) :
    Isolation
    -Full body movement
    -Dynamic stretching
    2.Latihan Inti I (Cardiorespiratory) (20 menit):
    -Pre aerobic (low impact)
    -Peak aerobic (high/mix impact)
    -Post aerobic (low impact)
    3.Latihan Inti II (challestenic) (15 menit) :
    -Pengencangan
    -Penguatan
    Fleksibilitas
    4.Pendinginan (10) :
    -Dynamic stretching
    -Static stretching
    Sumber: PenjasXii.blogspot.co.id

    BalasHapus
  31. NAMA: FEBRI ARIZAL
    NIM: 1505117874

    Sejarah masuknya senam ke Indonesia

    Senam mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, ketika senam pertama kali masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Masuknya olahraga senam ini bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Dengan sendirinya senam sebagai bagian dari penjaskes juga diajarkan di sekolah.
    Senam yang diperkenalkan pertama kali pada waktu itu adalah senam sistem Jerman. Sistem inimenekankan pada kemungkinan-kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat pendidikan. Lalu padatahun 1916 sistem itu digantikan oleh sistem Swedia (yang menekankan pada manfaat gerak), sebuahsistem yang dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaanBelanda, bernama Dr. H. F. Minkema. Lewat Minkema inilah senam di Indonesia mulai tersebar,terutama ketika ia pada 1918 membuka kursus senam swedia di kota Malang untuk tentara dan guru.

    Namun demikian, cikal bakal penyebaran olahraga senam dianggap berawal dari Bandung.Alasannya, sekolah pertama yang berhubungan dengan senam didirikan di Bandung, ketika pada thun1922 di buka MGSS (Militaire Gymnastiek en Sporschool). Mereka yang lulus dari sekolah tersebutselanjutnya menjadi instruktur senam Swedia di sekolah-sekolah. Melihat perkembangannya yang baik,MGSS kemudian membuka cabang- cabangnya antara lain di Bogor, Malang, Surakarta, Medan dan Probolinggo.

    Pengertian Senam


    Senam yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga, merupakanterjemahan langsung dari bahasa Inggris Gymnastics, atau Belanda Gymnastiek. Gymnastics sendiri dalam bahasa aslinya merupakan serapan kata dari bahasa Yunani, gymnos, yang berarti telanjang.Menurut Hidayat (1995), kata gymnastiek tersebut dipakai untuk menunjukkan kegiatan-kegiatan fisikyang memerlukan keleluasaan gerak sehingga perlu dilakukan dengan telanjang atau setengahtelanjang. Hal ini bisa terjadi karena teknologi pembuatan bahan pakaian belum semaju sekarang,sehingga belum memungkinkan membuat pakaian yang bersifat lentur mengikuti gerak pemakainya.
    Dalam bahasa Yunani sendiri, gymnastics diturunkan dari kata kerja gymnazein, yang artinyaberlatih atau melatih diri. Latihan-latihan ini diperlukan bagi para pemuda Yunani Kuno ( sekitar tahun 1000 SM hingga kira-kira tahun 476) untuk menjadi warga negara yang baik sesuai cita-cita negaraserta untuk menjadikan penduduknya sebagai manusia harmonis. Para filosof seperti Socrates, Plato,dan Aristoteles telah mendukung program-program latihan fisik ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan keindahan dan kecantikan, kekuatan, serta efisiensi gerak. Dari jaman ini pulalahtanda-tanda berkembangnya senam medis, massage dan kebugaran dapat ditelusur ulang.
    Pada jaman kekaisaran Romawi kegiatan-kegiatan sejenis dapat pula ditemukan. Pada waktu itumasyarakat amat mendukung kegiatan-kegiatan fisik untuk memudahkan latihan-latihan militer untuk kaum prianya. Sebagai hasilnya, para pemuda Romawi telah dikenal sebagai pemuda yang kuat, berani,serta pejuang tangguh.
    Pada saat itu kata gymnos atau gymnastics mengandung arti yang demikian luas, tidak terbataspada pengertian seperti yang dikenal dewasa ini. Kata tersebut menunjuk pada kegiatan-kegiatan olahraga seperti gulat, atletik, serta bertinju. Sejalan dengan berkembangnya jaman, kemudian arti yangdikandung kata gymnastics semakin menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

    Imam Hidayat (1995) mencoba mendefinisikan senam sebagai : …suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk dengansengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuanmeningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilaimental spiritual.

    Sumber: Modul Pendekatan Pola Gerak Dominan untuk Siswa SLTP, Agus Mahendra.
    http://firdaushendry.blogspot.co.id/2016/03/sejarah-dan-peng-e-rtian-s-e-nam-e.html

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaikum..

    Nama : Rahmat tunggak
    Nim : 1505116835

    Senam Aerobik atau senam kesegaran jasmani adalah suatu program kesegaran jasmani yang lengkap, meliputi latihan dan kegembiraan dengan mengekpresikan segala perasaan dengan tertawa,melompat,menendang,jogging,meregang,bergoyang dengan mengombinasikan gerakan dansa atau gerakan tarian tradisional,tari rakyat,tari kontenporer.

    Terimakasih

    BalasHapus
  36. NAMA: M RIDHO GUSTIARI
    NIM : 1505116101


    Suatu latihan yang memberi perubahan fisiologis dan melindungi tubuh terhadap penyakit jantung koroner adalah olahraga yang terutama meningkatkan kapasitas sistem sirkulasi (jantung dan pembuluh darah) dan sistem respirasi (paru), dan aktifitas tersebut yang dinamakan dengan aerobik (Woerjati Soekarno, 1998: 6). Melakukan senam aerobic secara rutin banyak memperoleh manfaat antara lain: manfaat fisik (misalnya semakin lancar peredaran darah), manfaat psikis ( contoh terjadinya penurunan tress), dan manfaat social yang membuat seseorang lebih percaya diri dan dapat memperluas jaringan komunikasi.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. NAMA:REXI HADI EKA PUTRA
    NIM :1505115749
    PENJASKESREK 3A


    Senam aerobik adalah suatu latihan dengan ritme musik dan gerakan yang teratur. Aerobik dapat dilakukan dengan berkelompok ataupun secara individu, di rumah atau di pusat kebugaran. Senam ini memiiiki gerakan yang tersusun, tetapi penampilannya tidak terpaku pada musik.

    Terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan latihan senam aerobik.

    Unsur-Unsur Senam Aerobik

    Komponen dasar Komponen dasar dalam senam aerobik meliputi hal-hal sebagai berikut.
    Ketahanan jantung
    Ketahanan otot
    Kekuatan otot
    Kelenturan tubuh
    Takaran Latihan
    Intensitas latihan
    Lamanya latihan
    Frekuensi latihan
    Gejala fisik yang perlu diperhatikan.
    Makanan dan minuman.
    Perlengkapan latihan.
    Tahap-tahap melakukan senam aerobik.
    Manfaat Senam Aerobik

    Senam aerobik mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Tidak heran jika semakin hari semakin banyak orang yang menggemari latihan aerobik. Manfaat melakukan senam aerobik, antara lain:

    membakar lemak yang berlebihan di tubuh, meningkatkan daya tahan jantung dan paru, serta menguatkan otot-otot tubuh;
    menurunkan berat badan;
    meningkatkan nafsu makan;
    mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh dan menghilangkan kebiasaan buruk (merokok);
    meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, daya tahan, dan sanggup melakukan aktivitas olahraga lainnya.
    Macam-Macam Senam Aerobik

    Terdapat lima macam senam aerobik sebagai berikut.

    High impact aerobic (senam aerobik aliran gerakan keras).
    Low impact aerobic (senam aerobik aliran gerakan ringan).
    Discorobic (kombinasi antara gerakan aerobik keras dan aerobik ringan).
    Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik keras dan ringan serta gerakan- gerakan rock n roll).
    Aerobic sport (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestenik atau kelentukan).

    BalasHapus