Jumat, 26 Februari 2016

ILMU FAAL OLAHRAGA DAN PRAKTTIKUM 4B

Tugas ini merupakan tugas harian untuk pertemuan pertama (Individu)
Silahkan Coment dengan "klik" coment di bagian bawah entri ini

TULISKAN (NAMA,KELAS,NIM)

42 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama : Dwi Ariyanto
    Nim : 1405112181
    Kelas : Penjaskesrek 4B

    1. Apa pengertian ilmu faal olahraga menurut pemahaman anda?
    Ilmu faal secara fisiologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam fungsi organ-organ di dalam tubuh manusia. Ilmu faal dalam praktek olahraga adalah ilmu yang mempelajari tentang sistem perubahan fungsi organ-organ tubuh akibat aktivitas olahraga yang di jalaninya. Ilmu faal olahraga yaitu ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagian tertentu pada waktu kita olahraga, salah satu perwujudan dari kegiatan fisik manusia yang oleh umum dikenal sebagai “kerja”. Jadi, olahraga dalam hal ini tidak hanya kegiatan yang khusus untuk tujuan ber-olahraga, seperti atletik (lari, lempar, lompat, dan tolak), senam, olahraga permainan, olahraga beladiri, latihan beban, dll. akan tetapi merupakan aktivitas fisik yang sering dilakukan sehari-hari, misalnya: berjalan, berlari, mendaki, mengangkat, dll. . Faal olahraga sebagai ilmu amalan (Applied Science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran dalam bidang olahraga. Ilmu dasar kehidupan manusia yang dimaksud di sini adalah Fisiologi atau Ilmu Faal, yaitu cabang Biologi yang mempelajari fungsi kerja alat-alat tubuh dalam kondisi yang normal dan proses-proses yang dilakukan oleh tubuh dalam upaya mempertahankan kondisi internal tubuh yang dinamis namun tetap dalam kisaran normal (homeostasis).

    2. Kejadian mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara atlet yang hidup di cuaca panas bertanding dengan di cuaca dingin dengan atlet yang berdomisili di cuaca dingin bertanding dicuaca panas berikan alasanya. Paparkan dengan penelitian jurnal-jurnal yang ada?
    Manusia merupakan mahluk yang mampu mengatur keseimbangan suhu internal dalam menjalankan metabolisme dan mekanisme fisiologi lainya tanpa harus bergantung pada suhu lingkunganya dalam menjalankan mekanisme pengaturan suhu tubuh yaitu proses fisik dan kimiawi. Dimana seorang atlet harus mampu menyiapkan kondisi fisik dan psikisnya dalam kondisi cuaca yang ekstrim, agar dapat memberikan penampilan yang bagus dengan keadaan lingkungan sebagai penghambatnya.
    Atlet yang berdomisili ditempat suhu yang panas lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkunganya yang berada dalam lingkungan dingin karena apabila di tempat panas dan menyebabkan pengeluaran keringat yang banyak, maka air dingin adalah pengganti cairan yang ideal. Oleh karena larutan yang direkomendasikan dalam banyak minuman komersial pengganti cairan biasanya terlalu pekat, maka pengosongan lambung menjadi lambat, sehingga menghambat pemulihan jumlah cairan tubuh. Oleh karena itu dalam hal kebutuhan cairan adalah tinggi, maka yang harus menjadi perhatian adalah larutan karbohidrat rendah (25 g/L air) dan elektrolit. Dalam kondisi yang lebih dingin, maka kehilangan cairan dan kebutuhannya tidak sebesar itu, sehingga penambahan karbohidrat dengan kadar yang lebih tinggi (75-100 g/L air, atau polimer glukosa atau fruktosa) memperbesar perolehan dan penggunaan glukosa dalam darah.
    Walaupun berada pada suhu udara dingin tidak secara cepat berpengaruh pada kesehatan karena udara yang kita hirup tidak membuat jantung kita membeku. Ketika kita melakukan olahraga dengan intensitas sedang dan melakukan inhalasi udara melalui hidung dari udara suhu yang rendah saat mencapai jantung akan mengalami perubahan suhu menjadi hangat.

    BalasHapus
  3. Nama : Nindy Dian Faradilla
    Nim : 1405117808
    Kelas: Penjas 4B

    1.1 Pengertian Ilmu Faal
    Ilmu Faal atau Fisiologi adalah salah satu cabang disiplin ilmu biologi yang mempelajari faal atau fungsi bagian atau alat dari jaringan tubuh. Ilmu faal juga dapat didefinisakan sebagai ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan erat kaitannya dengan perilaku menusia.

    1.2 Pengertian Ilmu Faal Olahraga
    Ilmu faal olahraga atau fisiologi olahraga merupakan sub cabang dari ilmu faal yang mempelajari tentang bagian dan alat-alat tubuh manusia yang dikaitkan dengan kondisi fisik dalam melakukan kegiatan olahraga.Dengan ilmu faal olahraga kita dapat mengetahui kondisi fisik seseorang dan mengetetahui porsi-porsi yang sesuai dalam melakukan olahraga.

    2. Menurut saya, yang paling cepat menyesuaikan diri adalah atlet yang tinggal didaerah dingin yang bertanding didaerah panas. karena atlet yang sudah terbiasa bertanding didaerah dingin akan lebih gampang memanaskan otot-ototnya ketika akan bertanding daripada atlet yang hidup didaerah panas dan berlatih didaerah dingin. Pada atlet yang terbiasa hidup didaerah yang panas akan butuh waktu ekstra dalam memanaskan otot-ototnya sebelum bertanding karena tubuh mereka tidak terbiasa dengan cuaca dingin.
    Namun hal ini juga berkaitan dengan kondisi fisik atlet itu sendiri. Biasanya atlet yang tinggal didaerah panas akan berbeda kondisi fisiknya dengan atlet yang tinggal didaerah dingin. Atlet yang tinggal didaerah panas sudah terbiasa dengan kondisi cuaca terik matahari sehingga kondisi fisiknya juga akan lebih baik ketimbang atlet yang hidup didaerah dingin.

    BalasHapus
  4. NAMA : VERA MITA SWASTIKA
    KELAS : PENJAS 4B
    NIM : 1405113678




    1.Apa pengertian ilmu faal menurut pemahaman kalian sendiri ?

    Ilmu Faal adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi seluruh jaringan dan system yang terdapat pada tubuh manusia, sedangkan FaalOlahraga merupakan ilmu yang mempelajari fungsi tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada saat olahraga.

    2.Mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara Atlet yang hidup dicuaca panas bertanding dicuaca dingin dengan atle tyang berdomisili dingin bertanding di cuaca panas . Paparkan dengan hasil penelitian jurnal-jurnal yang ada !

    Lebih cepat Atlet yang hidup di cuaca dingin bertanding dicuaca panas.Kenapa?,Karena Atlet tinggal atau terbiasa pada suhu dingin tubuh mereka lebih cepat panas karna sudah terbiasa pada kondisi dingin. Begitu juga sebaliknya atliet yang biasa berada disuhu panas pada saat akan bertanding disuhu dingin mereka harus menyesuaikan dulu pada suhu dingin dalam jangka waktu yg lama. Berikut penjelasannya :

    Di Tempat Panas
    Manusia memiliki kemampuan untuk melakukan latihan di tempat yang panas dan dingin meskipun untuk itu harus berjuang lebih berat jika dibandingkan dengan latihan pada suhu normal. Tubuh kita dapat mentoleransi perubahan suhu yang terjadi di lingkungannya karena memiliki kemampuan untuk mengontrol suhu tubuh. Ketika suhu lingkungan dingin, kita dapat memelihara suhu tubuh dengan meningkatkan produksi panas tubuh dan memakai pakaian berlapis. Ketika suhu lingkungan panas, tubuh kita akan meningkatkan pengeluaran panas dengan mengeluarkan keringat, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan dengan melepasakan atau meminimalkan pakaian yang digunakan.

    Di Tempat Dingin
    Suatu studi telah memperlihatkan bahwa ketika seseorang melakukan aktivitas atau berolahraga dalam suhu lingkungan yang dingin, pada umumnya mereka berlatih pada intensitas tertenntu yang akan mempertahankan panas tubuh yang dihasilkan oleh proses metabolisme agar tidak terlalu banyak yang keluar dari tubuh. Oleh karenanya lebih baik jika aktivitas atau latihan tersebut tidak dilakukan diluar ruangan atau di alam terbuka. Suhu lingkungan yang dingin tidak secara cepat berpengaruh pada kesehatan, karena meskipun udara yang dihirup untuk bernafas dingin tidak membuat jantung membeku. Ketika seseorang melakukan olahraga dengan intensitas sedang dan melakukan inhalasi udara melalui hidung dari lingkungan dengan suhu rendah sampai saat mencapai jantung, suhu udara yang dihirup sudah mengalami perubahan suhu, dan menjadi hangat.




    BalasHapus
  5. Nama : jumaldi rizki
    Nim : 1405110049
    Kelas : Penjas 4b

    1. Pengertian ilmu FAAL menurut anda?
    adalah ilmu yang mempelajari fungsi dan bagian-bagian ruang lingkup tubuh manusia, yang mana dengan mempelajari mekanisme tubuh atau jaringan-jaringan tubuh yang berkaitan dengan prilaku manusia tersebut. Sedangkan FAAl olahraga adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia itu sendiri disaat pada waktu kita melakukan kegiatan olahraga, seperti disaat terjadinya proses dalam permainan tersebut.

    2. Menurut saya, yang paling cepat penyesuaiannya yaitu atlet yang berdomisili di cuaca dingin dan bertanding di cuaca panas. Karena atlet yang biasa bermaen di cuaca dingin itu sudah terbiasa penyesuaiannya dari pada atlet yang biasa bermain di cuaca panas, Karena atlet yang bercuca dingin terbiasa dengan memerlukan intensitas latihan yang dibutuhkan pada umumnya disaat latihan seperti meningkatkan daya tahan tubuh,stamina dan kadar oksigen. Tujuannya agar membantu dalam menghadapi kemungkinan terjadinya cuaca buruk seperti cuaca panas, seorang atlet bisa membentuk ketahanan tubuh atau mental yang baik dengan mempelajari metode-metode pelatihan dengan baik karena disaat atlet yang berdomisili di cuaca dingin dan bertanding di cuaca panas akan cepat menyesuaikan dsaat bertanding karena kondisi tubuh seorang atlet yang bertanding di cuaca panas tersebut akan cepat panas karena terbiasa dengan latihan yang intensitasnya tinggi. contohnya seperti atlet yang berada di cuaca dingin seperti di pulau jawa yang bertanding di cuaca panas tersebut kebanyakan atlet dari mereka menjuarai karena mereka dapat dengan cepat menyesuaikan kondisi tubuh dan fisik dengan baik dan sebaliknya atlet yang berada di cuaca panas itu kebanyakan mereka saat bertanding dcuaca dingin kurang panas

    BalasHapus
  6. Nama : Ardi pranata
    Nim : 1405120681
    Kelas : Penjas 4b


    1. Apa yang dimaksud pengertian FAAl menurut anda ?
    Adalah ilmu yang mempelajari tentang kerangka dan struktur pada jaringan tubuh, ilmu faal juga mempelajari tentang prilaku manusia yang dapat mempengaruhi tubuhnya sendiri.

    2. Menurut saya adalah seorang atlet lebih cepat penyesuain di cuaca panas,karena daya tahan fisik atau tubuhnya lebih kuat dari cuaca dingin.
    alasannya disaat kita sering latihan dcuaca panas maka daya tahan tubuh akan lebih kuat dari cuaca dingin dan sebaliknya jika sering latihan dicuaca dingin daya tahan tubuh akan berkurang saat bermaen di cuaca panas, dan daya tahan tubuhnya tidak seimbang dan struktur jaringan pada tubuhnya akan lebuh cepat cedera dan daya tahan tubuhnya tidak baik.

    BalasHapus
  7. Nama :Tirka hayu
    Kelas:Penjas 3 B
    NIM : 1405119231


    1.1 Pengertian ilmu faal
    Ilmu faal merupakan ilmu yang mempelajari faal atau fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh.psikologi faal adalah suatu ilmu yang mempelajari mekanisme tubuh manusia dan kegiatan dengan perilaku manusia. Dalam psikologi faal akan mempelajari bagaimana suatu perilaku dapat mempengaruhi mekanisme tubuh manusia dan sebaliknya.

    1.2 Pengertian faal olahraga
    faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada saat olahraga.Faal olahraga sebagai ilmu amalan ( Appled Science ) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga.

    2.Menurut saya lebih cepat penyesuaina fisik atlet yang tinggal didaerah dingin kemudian bertanding didaerah panas,karena pada kondisi umum ,ketika atlet berada pada suhu lingkungan yang dingin tubuh akan menekan pelepasan panas dan meningkatkan produksi panas sebaik mungkin.Jadi saat akan melakukan pertandingan ditempat panas atlet tersebut tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mempersiapkan kondisi ototnya untuk bertanding.

    BalasHapus
  8. NAMA :ARISMAN
    KELAS:PENJAS 4B
    NIM :1405110945

    1. Ilmu faal ialah ilmu yang mepelajari fungsi tubuh manusia serta jaringan tubuh manusia, sedangkan pengertian dari faal olagraga itu sendiri ialah ilmu yang mempelajrari tubuh manusia dengan bagian-bagiannya pada waktu olahraga...

    2. Dri info yang saya dapat dri bertanya kepada atlit jalan cepat yang pernah mengalami hal tersebut, beliau berasal dari daerah yang panas (riau) dan bertanding di daerah yang dingin ketika itu di (bandun). Beliau meras sangat lama penyesuaian di cuaca yang dingin tersebut karna di udara yang dingin tersebut asupan oksigen (O2) nya sangat tipis. Berbeda dengan di daerah asal nya daerah yang panas, tpi asupan oksigen (O2) nya lebih banyak dan leluasa ntuk menghirup udara.. Jadi atlit yang berasal dari daerah dingin lebih cpat penyusuian nya karna dia telah terbiasa dengan asupan oksigen yang sedikit. Kesimpulan: penyesuaian nya lebih cepat. Dingin ke panas dari pada panas ke dingin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA :ARDI YANDI
      KELAS: 4B
      NIM : 1405122727

      Tugas ilmu faal :
      1.Pengertian ilmu faal menurut saya”ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia yang berkaitan erat dengan fungsi dan kerja alat-alat tubuh manusia,dimana proses dari setiap prilaku akan di cerna dan di respon langsung oleh otak melalui rangsangan-rangsangan(stimulus) di sekitar, baik secara spontanitas maupun yang tidak dapat dirasakan(tau tapi tidak dapat dirasakan).
      Contoh:
      1).Dalam kegiatan olahraga(mini soccer) ,seorang anak menerima operan bola dari temannya,(rangsangannya)”apabila si anak menerima bola dari temannya maka ia harus menendang bola ke arah gawang”dengan adaya rangsangan(stimulus) dengan otomatisnya si anak pasti akan menendang bola ke gawang apabila menerima operan bola dari temannya.
      2).rangsangan yang tau tapi tidak dapat dirasakan adalah dalam proses metabolisme di dalam tubuh”seperti proses pencernaan ,proses reproduksi dsb.
      2.menurut saya” hal ini tergantung pada kondisi atlit,pelatih dan lingkungan.seorang atlit harus memahami kondisi lingkungan atau kondisi cuaca sebelum bertanding agar dapat mempersiapkan diri secara optimal .untuk pelatih harus mampu memahami dan memberikan program latihan yang sesuai dengan kondisi cuaca dan lingkungan yang ada dengan pemberian proram latihan yang tepat maka seorang atlit akan cepat berdaptasi dengan lingkungan dan akan mendapatkan hasil yang memuaskan begitu sebaliknya apabila penanganan program latihan tidak sesuai seorang atlit akan sulit beradaptasi dan hasil akan kurang memuaskan.kesimpulan”{kalau untuk mana yang lebih cepat penyesuaian antara cuaca panas/dingin bertanding dingin/panas .saya kurang faham untuk mengklasifikasikanya tapi,semua itu tergantung dari penanganan program latihan yang tepat agar dapat menghasilkan hasil yang baik meski bercuaca panas bertanding cuaca dingin maupun sebaliknya jika penanganan yang tepat maka hasil pun akan memuaskan.}

      Hapus
  9. nama : syam surya rocky
    kelas: 4B
    NIM : 1405112939

    1. Pengertian Ilmu Faal (logika)
    menurut saya ilmu faal itu adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang fungsi bagian dari jaringan tubuh. pada dasarnya dalam psikologi faal yang di kaji adalah bagaimana suatu perilaku dapat mempengaruhi mekanisme tubuh manusia ataupun sebaliknya.
    dalam dunia olahraga juga ada namanya yaitu FAAL OLAHRAGA, Dimana faal ini berfungsi sebagai disiplin ilmu daya ukur ataupun apa efek latihan terhadap tubuh,agar sesuai dengan porsi,tidak over ataupun kurang dari yang seharunya

    2.Kejadian mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara atlet yang hidup di cuaca panas bertanding dengan di cuaca dingin dengan atlet yang berdomisili di cuaca dingin bertanding dicuaca panas berikan alasanya. Paparkan dengan penelitian jurnal-jurnal yang ada?

    meurut saya,kalau dalam segi penyesuaian fisik ataupun pernafasan lebih cepat penyesuaian atlet yang berdomisili di daerah dingin yang bertanding ke daerah berdomisili panas dibandingkan panas ke dingin , mengapa ? karena atlit yang berdomisili di daerah dingin ( daerah pegunugan) contoh seperti SUMBAR,ACEH,BANDUNG dsb, dalam segi fisik tentu mereka di tuntut untuk kuat , karena pada daerah pegunungan tentu kadar oksigen sangat minim, nah kalo di tempat pegunungan saja mereka kuat apalagi kalo bertanding di tempat yang kadar oksigennya banyak tentu mereka unggul dalam hal fisik dan pernafasan. dalam segi pemanasan atlit domisili dingin kalo bertanding di tempat yang panas mereka akan cepat panas, jadi otot otot yang di gunakan nanti akan lentur dan terhindar dari cidera.

    menurut pengalaman saya, saya yang berdomisli di daerah panas ketika saya bertanding ke daerah dingin dalam segi pemanasan yang saya rasakan tidak seperti biasanya, saya butuh waktu lebih 2x lipat dalam pemanasan untuk dapat merasakan bahwa seluruh otot otot saya siap untuk di gunakan, malahan ketika siap pemanasan kalo di bawak diam lagi badan tu akan cepat dingin kembali, dan otot2 pun kembali lemah terasa.kalo otot sudah lemah kembali maka terajadilah perlambatan pada otot2 tersebut dan ujung ujungnya juga dapat menyebabkan terjadinya cidera.

    BalasHapus
  10. Nama: Ulfah Rizkiyah Mukhtar
    NIM: 1405114062
    Kelas: Penjas 4B


    1. Apa pengertian ilmu faal olahraga menurut pemahaman anda?
    Ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari seluruh sistem organ manusia atau pekerjaan dari tiap tiap jaringan tubuh atau bagian dari alat-alat tubuh dan sebagainya.
    Ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari perubahan-perubahan fungsi atau cara kerja organ-organ tubuh, baik yang bersifat sementara maupan yang bersifat menetap karena melakukan pelatihan olahraga baik untuk tujuan kesehatan maupun prestasi. Jadi, olahraga dalam hal ini tidak hanya kegiatan yang khusus untuk tujuan ber-olahraga, seperti atletik (lari, lempar, lompat, dan tolak), senam, olahraga permainan, olahraga beladiri, latihan beban, dll. akan tetapi merupakan aktivitas fisik yang sering dilakukan sehari-hari, misalnya: berjalan, berlari, mendaki, mengangkat, dll.


    2. Kejadian mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara atlet yang hidup di cuaca panas bertanding dengan di cuaca dingin dengan atlet yang berdomisili di cuaca dingin bertanding dicuaca panas berikan alasanya. Paparkan dengan penelitian jurnal-jurnal yang ada?
    Menurut saya, yang paling cepat menyesuaikan diri adalah atlet yang tinggal didaerah dingin yang bertanding didaerah panas
    karena atlet yang sudah terbiasa bertanding didaerah dingin akan lebih gampang memanaskan otot-ototnya ketika akan bertanding daripada atlet yang hidup didaerah panas dan berlatih didaerah dingin. Pada atlet yang terbiasa hidup didaerah yang panas akan butuh waktu ekstra dalam memanaskan otot-ototnya sebelum bertanding karena tubuh mereka tidak terbiasa dengan cuaca dingin. Dimana atlet sudah terbiasa untuk hidup dan pelatihan di daerah beriklim sedang, penyesuaian cuaca yang panas akan menjadi penting jika atlet bersaing dalam lingkungan cuaca yang panas. Pelatihan panas akan terikat erat dengan faktor yang sesuai dari dehidrasi, dan kemampuan atlet untuk mengisi cairan. Tubuh manusia sangat mudah beradaptasi terhadap panas, dan kelembaban yang sesuai. Penyesuaian fisiologis utama akan dilakukan oleh seorang atlet terlatih dalam waktu 10 hingga 14 hari dimulainya pelatihan panas, sebagian besar atlet akan mencapai penyesuaian sekitar 75% (didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan sampai 75% dari tingkat atas mereka) dalam waktu lima hari eksposur mereka ke iklim yang lebih hangat.

    BalasHapus
  11. Nama :M.Rohim
    NIM : 1405120200
    Kelas : Penjaskesrek 4B

    1. Pengertian ilmu faal menurut anda ?
    * Ilmu faal merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari bagian-bagian atau jaringan-jaringan tubuh pada manusia.
    * Faal olahraga berarti ilmu yang mempelajari bagian-bagian atau jaringan-jaringan tubuh manusia pada saat berolahraga.

    2. Mana yang lebih cepat penyesuaian antara atlet yang tinggal didaerah panas kemudian bertanding didaerah dingin dengan atlet yang tinggal didaerah dingin kemudian bertanding didaerah panas ?
    * Menurut saya, atlet yang tinggal didaerah panas lebih cepat penyesuaiannya ketika bertanding didaerah yang dingin. Hal itu karena pada cuaca panas tubuh akan bekerja lebih guna menjaga suhu tubuh agar tetap dingin yaitu dibuktikan dengan banyaknya cairan atau keringat yang keluar, kemudian ketika atlet sudah terbiasa latihan pada cuaca yang seperti itu maka ketika dia bertanding pada cuaca yang dingin maka ia akan lebih cepat penyesuaian dirinya, hal itu karena pada cuaca dingin tubuh tidak akan cepat mengeluarkan cairan atau keringat dan itu tentu menjadikan keuntungan karena dengan kondisi yang seperti itu tubuh tidak akan mudah lelah.

    BalasHapus
  12. NAMA : AHMAD AFANDI
    NIM : 1405113296
    KELAS PENJASKES 4B

    1. a. ilmu faal yaitu ilmu yang mempelajari tentang keseluruhan sistem-sistem atau jaringan-jaringan yang ada di dalam tubuh manusia yang dapat menunjang atau mendukung proses perkembangan prestasi olahraga seseorang. Jadi pada system dan organ yang ada pada tubuh manusia apabila dilatih sebagaimana mestinya, di latih dengan baik akan dapat menunjang perkembangan atau peningkatan prestasi sseseorang, system tersebut di antaranya yaitu : system saraf, rangka, otak, peredaran darah, system pernafasan, system pencernaan, system endokrim, system reproduksi, serta sisitem kekebalan tubuh dan masih ada system yang lainnya, yang mana jika keseluruhan dari system tersebut di latih dan seimbang dalam prosesnya itu yang dapat menunjang dalam segala hal terutama dalam peningkatan prsetasi olahraga.
    b. Sedangkan faal olahraga hampir sama dengan pengertian faal namun, faal olahraga mengkaji bagian-bagian dari keseluruhan system dan jaringan yang ada pada tubuh manusia itu pada saaat olahraga ataupun pada saat setelah melakukan aktifitas olahraga. Karena faal berhubungan dengan kedokteran atau kesehatan jadi faal olahraga bertujan agar proses latihan atau olahraga yang dilakukan tidak mengakibatkan cedera bagi pelaku olahraga.

    2. Proses penyesuaian yang di alami atlet yang biasa di suhu dingin bertanding pada suuhu panas, dan sebaliknya.
    Pada kondisi umum ketika seorang berada pada suhu dingin, tubuh akan menekan pelepasan panas dan meningkatkan produksi panas sebaik mungkin. Pada suhu dingin kandungan oksigen yang dibutuhkan tubuh sedikit lebih kurang dari pada suhu panas,jadi intensitas latihan yang dilakukan pada kondisi cuaca yang dingin seperti di pegunungan sangat membantu dalam saat pertanding pada suhu yang panas, karna proses penghangatan suhu tubuh lebih cepat dari pada saat di cuaca dingin, pada saat di cuaca dingin kerja jantung sudah terlatih dengan sedikitnya kandungan oksigen dengan intensitas latihan yang cukup berat, jadi pada saat di cuaca panas kerja jantung akan lebih mudah karna kita akan mendapat kandungan oksigen yang berlebih untuk tubuh kita, ibaratnya orang yang terbiasa kerja keras apabila diberi kerja yang lebih ringan dari yang biasanya akan merasa senang dan enteng untuk melakukan pekerjaan ringan tersebut.
    Pada saat berada di cuaca yang harus di perhatikan yaitu di kondisi panas pelepasan cairan atau keringan akan lebih banyak jadi cairan yang akan di keluarkan walaupun banyak harus di imbangi dengan cairan yang masuk seperti minum air atau cairan yang dapat melengkapi cairan yang dibutuhkan tubuh saaat berolahraga, agar tidak terjadi dehidrasi atau kekeringan, tetapi dalam memasukan cairan atau minuman jagan meminum air yang mengandung alcohol dan jangan berlebihan saat minum air agar lambung kita tidak penuh dengan air, itu akan mengaanggu kita dalam bernafas dan melakukan gerak, jadi imbangi dengan minum max 1 gelas dalam 30 menit.
    pada keadaan ini proses penyesuaian orang yang tebisa tinggal di daerah dingin akan cepat panas dan cepat penyesuiannya pada saat berada di cuaca panas dan begitu juga sebaliknya, pada saat seseorang yang sudah berdomisili di daerah panas akan sedikit lama penyesuaianya pada suhu dingin karna proses pembakaran tubuh atau penghangatan tubuh agak lama dan kandungan oksigen yang relatif sedikit di banding daerah asalnya yaitu daerah panas.

    BalasHapus
  13. NAMA:SATRIO MANDALA PUTRO
    NIM:1405114557
    KELAS/PRODI:4B/PENJASKESREK

    1.ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari tentang organ-organ ataupun alat-alat serta jaringan yang ada di dalam tubuh kita. selain itu, ilmu faal juga mempelajari mekanisme ataupun fungsi bagian-bagian yang terdapat di dalam tubuh dan di kaitkan dengan kegiatan , aktivitas , ataupun prilaku manusia itu sendiri.

    2. menurut saya yang lebih cepat penyesuaiannya yaitu atlet yang tinggal di daerah dingin dan bertanding di daerah yang panas hal ini di karenakan jika dia sebelumnya berlatih di daerah yang dingin dan minim akan oksigen bertanding di daerah yang cuacanya panas dan lebih banyak oksigennya otomatis dia cepat panasnya ataupun penyesuaiannya tidak butuh waktu yang lama untuk menemukan ritme peramainan itu sendiri , dan dalam hal pengaturan nafas pun dia akan lebih baik , begitu pula sebaliknya .

    BalasHapus
  14. nama:robbi darwis
    nim :1405114078
    kelas:penjas 4b


    1. ilmu faal adalah: ilmu yg mempelajari tentang faal atau fungsi bagian dari alat atau jaringan pada tubuh.

    2. menurut saya:pada olaraga,kegiatan penyesuaian fisik dilakukanharus sesuai dengan kondisi lingkungn.
    pada suhu nyaman,maka kegiatan akan menjadi lancar.gerakn2 yg lancar akan dapat digenjut sampai maksimal.
    contoh:pada pelari jarak jauh,kecepatan tinggi pemecahan rekor scering terjadi pada tempat2 suhunya agak dingin.ini dikarenakan pada suhutersebut atlet tidak cepat merasa lelah,sehingga dapat meningkatkan kinerja secara maksimal.
    namun pd keadaan panas danlembap maka keringat akan keluar banyak,sehingga tubuh kekurangan cairan, dan sehu tubuh meningkat.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Wawan Zulkarnain
    NIM: 1405118925
    Kelas : PENJASKESREK 4 B

    1. Apa pengertian ilmu faal menurut pemahaman kalian sendiri ?
    Jawab :
    Ilmu Faal yaitu cabang Biologi yang mempelajari fungsi kerja alat alat tubuh dalam kondisi normal dan proses proses yang dilakukan oleh tubuh dalam mempertahankan kondisi dalam tubuh namun tetap dalam keadaan stabil.

    Ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari perubahan perubahan fungsi dan cara kerja organ organ tubuh, baik yang bersifat sementara mau bersifat tetap karena melakukan aktivitas olahraga baik untuk kesehatan maupun untuk prestasi.

    2. Mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara atlet yang hidup dicuaca panas bertanding di cuaca dingin dengan sebaliknya ?
    Jawab :
    Lebih cepat penyesuaian atlet dari daerah dingin ke panas dikarenakan atlet daerah dingin biasanya memiliki kondisi fisik yang lebih baik dan sebaliknya. Sebagai contoh pemain bola asal indonesia, evan dimas contohnya kesulitan beradaptasi dengan cuaca ketika training ke club spanyol yang sama sama kita ketahui spanyol memiliki cuaca yang dingin.

    BalasHapus
  17. Nama : Ravita
    Nim : 1405118294
    Kelas : penjas 4b

    1. Ilmu FAAL adalah ilmu yang mempelajari faal atau fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh manusia.

    2. Menurut saya adalah manusia memiliki kemampuan untuk melakukan latihan di tempat yang panas dan dingin meskipun untuk itu harus berjuang lebih berat jika dibandingkan dengan latihan pada suhu normal.Tubuh kita dapat mentoleransikan perubahan yang terjadi dilingkungannya karena memiliki kemampuan untuk mengontrol suhu tubuh. Ketika suhu lingkungan dingin,kita dapat memelihara suhu tubuh dengan meningkatkan produksi panas tubuh dan memakai pakaian berlapis. ketika suhu lingkungan panas, tubuh kita akan meningkatkan pengeluaran panas dengan mengeluarkan keringat,meningkatkan aliran darah kekulit,dan dengan melepaskan atau meminimalkan pakaian yang digunakan.
    Kondisi suhu dan kelembapan tingggi dapat mendatangkan suatu tantangan berat untuk proses suatu pengaturan panas pada seseorang dalam olahraga tertentu. kondisi semacam itu,kemungkinan pengantaran dan penguapan panas sangat terbatas.

    BalasHapus
  18. Nama : Regi Masrizal
    Nim : 1405114917
    Kelas : 4B
    Jurusan : Penjaskesrek
    Tugas faal olahraga

    1. Apa pengertian ilmu faal menurut pemahaman anda sendiri ?
    2. Mana yang lebih cepat penyesuaian antara atlet yang hidup di cuaca panas bertanding di cuaca yang dingin dengan atlit yang berdomisilidi cuaca dingin bertanding di cuaca panas ?
    JAWAB
    1. Ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya . faal olahraga ilmu yang membahas tentang tubuh dan bagian-bagian lain yang ada di dalam tubuh manusia. Dan ilmu faa berguna bagi manusia/olahragawan untuk leihat efek-efek apa saja yg timbul saat atau sesudah melakukan latiahn atau kegiatan tertentu. Serta meningkatkan keadaan jasmani atau sebagai penyeimbang di dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
    2. Atlet yang hidup di cuaca panas memiliki kemampun latiahan di tmpat pans dan dingin meskipun untuk itu berjuang lebih berat jika dibandingkan dengan latiahn pada suhu normalnya.tubuh manusia dapat mentoleransi perubahan suhu dan mengontrol suhu tubuh.
    Atlet yang hidup di cuaca dingin memiliki keunggulan di cuaca dingin dan panas di karnakan keadan tubuh atlet yang telah terbiasa menahan keadaan berat yg ada di cuaca dingin jadi pada saat bertanding atlet yg berlatih di cuaca dingin dapat mengeluarkan kemampuannya sekitar 75% dari kemampuan 100% atlet sendiri.
    Di karnakan keadaan yg berubah tanpa ada persiapan hanya dapat mengeluarkan sebagian kemampuan akibat panas .berbeda denagn altel yg di dup di cuaca panas yg hanya dapat mengeluarkan 50% dari 100% kemampuan nya karna di suhu yang dingin pergerakan yg terjadi pada seorang atlet akan sedikit kaku dan produksi dari keringan nya menurun serta dapat kering tiba-tiba jika tidak melakukan kegiatan atau pergerakan.jadi pada kondisi ini altet yg berlatih di cuaca dingin lebih di untungkan dari pada atlet yang berlatih di cuaca panas.

    BalasHapus
  19. NAMA:SALAM
    KELAS:4B PENJAS
    NIM:1405117937

    1. ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala hidup alat tubuh manusia seperti pernafasan, peredaran darah, jasad tumbuhan dan binatang.

    2. menurut saya, karena di cuaca panas terdapat banyak oksigen otomatis atlet yang tinggal di cuaca dingin akan cepat beradaptasi karena sebelumnya dia sering bermain di daerah yang boleh di katakan terdapat sedikit oksigen ,dengan banyak oksigen itulah dia dapat leluasa dalam hal pemanasan atau pun pernafasan yang stabil .

    BalasHapus
  20. Nama: Intan Sri Herdianti
    NIM: 1405112049
    Kelas: Penjas 4B


    1. Ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari biomolekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan.
    Ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada waktu olahraga. Faal olahraga sebagai ilmu amalan (Applied Science) merupakan dasar dari ilmukedokteran olahraga.


    2. Lebih cepat penyesuaian atlet yang tinggal ditempat bercuaca panas bertanding ditempat bercuaca dingin karena tubuh manusia akan lebih cepat beradaptasi pada suhu dingin daripada suhu panas. Tubuh manusia yg disuhu panas memproduksi cairan sangat banyak sehingga ketika berada pada suhu dingin cairan pada tubuh tidak banyak. Sedangkan pada manusia yang tinggal pada suhu dingin bertanding pada suhu panas maka mereka sangat lambat untuk beradaptasi. Hal ini disebabkan, karna pada suhu dingin produksi cairan pada tubuh manusia sangat sedikit sehingga ketika berada di suhu panas kebanyakan dari mereka mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

    BalasHapus
  21. NAMA:WAHYU SETIONO
    KELAS:4B PENJAS
    NIM:1405111668

    1. ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari tentang tubuh manusia dan jaringan tubuh serta sebab dan akibat yang di timbulkan saat berolahraga maupun tidak sedang berolahraga.

    2.atlit yanng biasa berlatih di cuaca dingin akan lebih cepat menyesuaikan diri apabila bertanding di cuaca panas karena di saat berlatih di cuaca dingin oksigen didalam cuaca dingin sangatlah sedikit. dan saat dia bertanding di cuaca panas oksigen akan lebih banyak. atlit yang biasa berlatih di cuaca panas akan lebih sulit menyesuaikan diri pada saat bertanding di cuaca dingin . oksigen akan klebih sedikit yang menyebabkan atlit mudah lemah.



    BalasHapus
  22. NAMA : JEFRIANTO
    KELAS: PENJAS 4B
    NIM : 1405120778

    1. Apa pengertian ilmu faal menurut pemahaman kalian sendiri?

    Ilmu Faal adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian bagiannya pada saat melakukan gerakan yang berhubugan dengan olahraga. selain itu ilmu faal juga mempelajari fungsi/cara kerja alat-alat tubuh, serta perubahan-perubahan yang terjadi fungsi tersebut oleh karena adanya pengaruh yang berasal dari dalam tubuh, maupun dari luar tubuh secara tersendiri maupun secara bersama-sama.

    2. Mana Yang Lebih Cepat Penyesuaian Antara Atlit yang Hidup di cuaca panas bertanding di cuaca dingin dan sebliknya atlit yang hidup di cuaca dingin bertanding di cuaca panas?

    menurut saya atlit yang hidup di cuaca dingin lebih cepat menyesuiakan diri di cuaca panas ini di karenakan beberapa faktor yg pertama atlit yang hidup di cuaca dingin bertempat tinggal di dataran tinggi yang membuat sang atlit sudah terbiasa secara tidak langsung melatih otot ototnya untuk bekerja dengan tempat yang tidak rata di daratan tinggi. faktor kedua adalah pernapasan, pernapasan atlit yang hidup di cuaca dingin lebih kuat karena oksigen yang ada di dataran tinggi lebih sedikit tersediah dari pada dataran rendah secara tak langsung atlit ini sudah sangat siap dengan cuaca panas. namun demikian suhu tubuh juga sangat mempengaruhi kenerja sang atlit karena atlit yang berada di cuaca dingin akan lebih mudah kelelahan pada cuaca panas.

    BalasHapus
  23. Nama : Rezky Dayana Belasari Panjaitan
    Kelas :4B
    Nim : 1405114442

    1.apa pengerrtian ilmu faal menurut pemahaman anda sendiri, dan juga faal olahraga!
    Jawab : Ilmu faal adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang tubuh dan juga ilmu yang membahas tentang fungsi dan jaringan di dalam tubuh,di dalam olahraga ilmu faal sangat berguna untuk mendukung pemforma seorang atlit atau pemain,melalui ilmu faal seorang pelatih dapat mengetahui bagaimana perkembangan atlit tersebut dan apa kekurangannya.
    2..Mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara atlet yang hidup di cuaca panas bertanding di cuaca yang dingin dengan atlet yang tinggal di cuaca dingin bertanding di cuaca panas.Paparkan dengan hasil penelitian jurnal yang ada !
    Jawab : menurut saya atlet yang berasal dari daerah dingin lebih gampang menyesuaikan diri daripada atlet yang berasal dari daerah panas, semua ini tergantung jumlah oksigen di di daerah tersebut, oksigen di daerah dingin lebih tipis daripada di daerah panas sehingga atlet yang berasal dari daerah dingin sudah terbiasa dengan kandungan oksigen yang sedikit tersebut sehingga jumlah hemoglobin (darah) mereka lebih tinggi daripada atlet yang berasal dari daerah panas,dengan jumlah hemoglobin yang lebih tinggi tersebut seorang atlet akan lebih mudah atau lebih banyak mendapatkan oksigen,sehingga tubuhnya lebih cepat menyesuaikan diri dan stamina dan fisiknya lebih baik, sedangkan atlet yang berasal dari daerah panas memiliki jumlah hemoglobin yang lebih rendah, sehinnga merekaakan mengalami sedikit kesulitan ketika penyesuaian di daerah dingin yang memiliki kandungan oksigen yang sedikit



    BalasHapus
  24. Nama: khairunnisa rubi sundra weti
    Nim: 1405122133
    Kelas: penjaskes 4b
    1. a. Ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh beserta fungsi atau jarngan tubuh serta mekanisme kerja dan ilmu ini lebih mendalami tentang struktur tubuh lebih kepada bidang biologi
    b. faal olahraga yaitu ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada saat berolahraga tau beraktifitas untuk kesehatan, faal olahraga sebagai ilmu amalan (applied science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga, dan berkaitan tentang kesehatan.
    2. Menurut saya berdasarkan jurnal yang saya dapatkan bahwa atlet yang berasal dari daerah dingan dan panas memiliki perbandingan yang sama hal ini karena tergantung dari metaboliseme tubuh sang atlet dan juga fisik,mental serta Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya. Kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya berbeda antara satu dan lainnya, hal tersebut dapat terlihat pada tingkat aklimatisasinya terhadap suhu. Pada saat melakukan aktivitas atau latihan pada suhu yang tinggi akan menyebabkan kehilangan banyak cairan, oleh karena itu tubuh akan menjalankan beberapa mekanisme fisiologis mengeluarkan panas untuk menstabilkan suhu inti tubuh, dengan tetap memperhatikan dan menjalankan usaha-usaha untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar dengan membawa serta mineral tubuh baik secara internal maupun dengan usaha eksternal.

    BalasHapus
  25. Nama: ilham dalilla
    Kelas:Penjas 4b
    Nim;1405112292

    1.Ilmu faal merupakan suatu bahan ajar yang akan menbahas bagian-bagian dari tubuh manusia, baik bagian luar maupun bagian dalam dari tubuh manusia. Sedangkan faal olahraga merupakan suatu aktivitas atau kegiatan olahraga yang dilakukan seorang atlet dengan cara bergerak dan pola latihan yang berbeda-beda.
    Tujuan ilmu faal dengan faal olahraga ini sama-sama berkaitan tentng kesehatan tubuh manusia , tetapi yang membedakannya ialah ilmu faal di kaji secara biologi sedangkan faal olahraga di lakukan dengan cara begerak dan bentuk latihan yang berbeda.
    2. Menurut saya yang paling cepat menyesuaikan diri ialah atlet yang hidup di cuaca dingin dan bertanding di cuaca panas. Alasannya , karena di setiap tubuh manusia tersimpan suhu panas yang harus di keluarkan oleh tubuh, otomatis atlet yang tinggal di cuaca dingin akan lebih cepat panas kondisi tubuhnya dan di tambah kondisi cuaca yang panas saat bertanding lainnya halnya saat bertanding di cuaca dingin, otomatis keringat yang kita keluarkan akan muah kembali menyerap ke dalam tubuh di karenakan suhu cuaca yang sangat dingin , sedangkan suhu panas yang terdapat di tubuh kita akan lebih lambat keluar. Tetapi kondisi fisik atlet yang tinggal di cuaca dingin lebih cepat lelah saat bertanding di cuaca panas beda halnya dengan atlet yang tinggal di cuaca panas yang memiliki kondisi fisik yang kuat..

    BalasHapus
  26. Nama:jasmi yati
    Kelas:4b penjaskes
    Nim :1405121179

    1.Apa pengertian ilmu faal menurut pemahaman kalian sendiri ?
    Ilmu Faal adalah ilmu yang mempelajari tentang seluruh organ tubuh manusia dan bagaimana bentuk, cara kerja,dan fungsinya bagi manusia. Sedangkan faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tentang seluruh sistem yang terjadi dalam tubuh manusia, yang bersangkutan dengan aktivitas manusia dalam melakukan olahraga.
    2.Mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara Atlet yang hidup dicuaca panas bertanding di cuaca dingin dengan atlet yang berdomisili dingin bertanding di cuaca panas . Paparkan dengan hasil penelitian jurnal-jurnal yang ada !
    Olahraga adalah aktivitas bergerak yang aktif yg menghasilkan suhu panas pada tubuh. Inilah alasannya kenapa atlet yang hidup di cuaca dingin bertanding di cuaca panas lebih cepat dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. atlet yang berdomisili dari daerah dingin sudah terbiasa pada suhu udara yang dingin. Mereka memperoleh suhu panas tubuh dengan melakukan pemanasan dan latihan dengan lama waktu yang telah di tentukan, pada saat suhu udara dingin tubuh akan menurunkan produksi panas tubuh, sehingga pada saat melakukan pertandingan di daerah panas mereka cukup memakai pakayan dari bahan yg lebih tipis dan melakukan latihan pemanasan setengah dari waktu yang biasa mereka lakukan sudah cukup untuk memanaskan suhu tubuh sehingga akan mempercepat produksi panas yang akan menghasilkan permainan yang maksimal.
    Sementara atliet yang biasa berada di suhu panas pada saat akan bertanding di suhu dingin mereka harus menyesuaikan dulu pada suhu dingin dalam jangka waktu yg lama, dan proses penyesuaian inilah yang membuat permainan atlet dari daerah panas tidak maksimal,jika atlet yang biasa hidup di daerah panas bertanding di daerah dingin atlet harus melakukan latihan dua kali lipat dari latihan yang biasa ia lakukan. Karena pada saat dingin tubuh akan meminimal produksi panas dalam tubuh dan di anjurkan memakai pakayan yang lebih tebal sehingga lebih cepat menghasilkan panas tubuh sehingga akan menghasilkan permainan yang maksimal.


    BalasHapus
  27. Nama : Abdu Fakhri Husaini
    NIM : 1405110949
    Kelas : Penjaskesrek 4B

    1. Ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari proses kegiatan tubuh manusia untuk melakukan kegiatan untuk dinilai interaksi antara jaringan tubuh seseorang.
    Ilmu faal olahraga yaitu ilmu yang mempelajari mekanisme tubuh seseorang yang berkaitan dengan perilaku seseorang dalam bergerak.

    2. Bagi saya atlet yang berdomisili di tempat dingin bertanding ditempat panas seharusnya yang terbaik, karena mereka yang selalu latihan yang intensitas cuaca yang kadar oksigennya sedikit dibanding atlet yang latihan di tempat panas maka atlet yang di tempat dingin mudah beradaptasi bila bertanding di tempat panas serta sikap seorang atlet lebih siap bertanding untuk mengeluarkan seluruh tenaganya di tempat panas.

    BalasHapus
  28. NAMA: HAFITRI
    KELAS: 4 B PENJASKESREK
    NIM :1405120913


    1.Apa pengertian ilmu faal jelaskan menurut anda masing-masing ?
    Jawaban: Dalam mata kuliah ilmu terdapat ilmu faal dasar yang lebih dahulu kita pahami tentang struktur, fungsi dan mekanisme kerja tubuh manusia, terutama pada system persarafan pada manusia. Dalam Ilmu Faal Dasar akan dipelajari tentang fungsi atau cara kerja organ-organ tubuh terutama pada bagian saraf manusia yang mempengaruhi segala aktifitas tubuh secara mekanik. pengaruh itu dapat terjadi secara spontan atau pun terencana. Membahas Pengertian Ilmu Faal dasar dan Ilmu Faal Olahraga, perubahan fisiologi yang bersifat sementara maupun yang bersifat menetap sebagai hasil pelatihan berbagai kegiatan olahraga, Pengertian Ergosistema, Olahdaya anaerobik dan aerobilk serta tata hubungannya, Latihan Pendahuluan (”Pemanasan”), Analisis penampilan olahraga mutu tinggi, latihan otot dan gangguan pada otot, Fisiologi Pembebanan (beban eksternal dan beban internal), dosis/volume latihan, mekanisme fisiologik untuk meningkatkan kemampuan maksimal dasar yaitu kapasitas anaerobik dan kapasitas aerobic, olahraga dalam berbagai kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan (adaptasi dan aklimatisasi), Pemeliharaan Homeostasis, Pengaturan suhu tubuh, Kekurangan garam dan cairan tubuh, Ketahanan dan kelelahan, Pemulihan dari Kelelahan, Fisiologi pembelajaran gerak ketrampilan dan latihan ketrampilan; Cara/alasan menata urutan latihan fisik dan latihan teknik dalam kaitannya dengan masalah kelelahan dan efisiensi pemanfaatan waktu. Penerapan Hukum Biofisika sederhana bagi Perbaikan Sistem ventilasi ruangan Olahraga tertutup.Ke seluruhan materi tersebut harus dapat dikuasai oleh seorang pelatih, sehingga pelatih mampu menerapkan metode-metode latihan pada seorang atlit yang dilatihnya.

    2.Mana yang lebih cepat penyesuianya antara atlit yang hidup di cuaca panas bertanding di cuaca dingin, dengan bercuaca dingin bertanding di cuaca panas. Dan paparan hasil penelitian jurnal-jurnal yang ada?
    Jawaban: Demikian pula bagaimana perubahan yang terjadi bila melakukan olahraga di tempat panas dan bagaimana pula bila melakukan olahraga yang sama di tempat dingin. Pada IlmuFaal Olahraga akan dipelajari perubahan-perubahan fungsi organ-organ baik yang bersifat sementara maupun yang bersifat menetap karena pengaruh melakukan pelatihan olahraga baik untuk tujuan kesehatan mau pun untuk tujuan prestasi.

    BalasHapus
  29. Nama : Darma Julianti Sapona
    Kelas :Penjaskesrek 4B
    Nim :1405110354

    1. Apa pengertian ilmu faal menurut pemahaman anda sendiri, dan apa itu ilmu faal dalam olahraga ?
    Jawab : Ilmu faal (dibaca fa-al) adalah salah satu dari cabang biologi yang mempelajari sistem kehidupan dan mekanisme kerja tubuh, dan jaringan-jaringan yang ada di dalamnya , faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tentang fisik maupun struktur tubuh dari seorang atlet ataupun pemain,sehingga dapat membantu dalam proses pelatihannya
    2. Mana yang lebih cepat penyesuaiannya antara atlet yang hidup di cuaca panas bertanding di cuaca dingin dan atlet yang hidup di cuaca dingin bertanding di cuaca panas ?
    Jawab : menurut pendapat saya atlet yang berasal dari cuaca dingin ataupun cuaca panas memiliki kemampuan penyesuaian yang sama, tergantung bagaiaman keadaan sang atlet apakah fisik dan rohaninya dalam keadaan baik atau sebaliknya,seorang atlet yang berasal dari cuaca panas pasti memiliki stamina tubuh yang lebih baik karena lingkungan tempatnya berlatih memaksa tubuhnya menjadi lebih kuat ,sedangkan atlet yang berasal dari daerah dingin memiliki sistem pelepasan panas yang baik sehingga tubuhnya lebih lama untuk lelah

    BalasHapus
  30. nama: Yulita Gumalasari
    nim : 1405122571
    kelas : 4b

    1. ilmu faal mereupakan ilmu yang mempelajari organ-organ manusia sedangkan ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia berolahraga fal olahraga sebagai ilmu amalan merupakan dasar dari ilmu kedokteran

    2. menurut saya yang paling cepat menyesuaikan diri atlit di daerah dingin bertanding di cuaca panas, karena tubuh manusia mudah beradaptasi dengan panas oleh karena itu atlit harus memahami cuaca sebelum sebelum bertanding atlit agar dapat mempersiapkan diri dengan maksimal. dalam aklimatisasi atau program latihan untuk penyusuaian terhadap lingkungan jangan asal berlatih. Jika, program latihan beradaptasi denganm latihan tidak asal latihan hasil juga memuaskan.,

    BalasHapus
  31. Nama:rosi afrilia
    Nim:1405114074
    Kelas:penjas 4B


    1.Ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari tentang semua organ tubuh manusia atau mempelajari fungsi bagian jaringan tubuh. Ilmu faal adalah Ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan faal adalah Ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan kerja alat-alat dalam tubuh. Jadi Psikologi Faal adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan fungsi dan kerja alat-alat dalam tubuh.
    Ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagiannya pada waktu kita olahraga. Faal olahraga sebagai ilmu amalan merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga.

    2.lebih cepat penyesuaiannya atlit yang biasa hidup dicuaca dingin bertanding dicuaca panas,karna atlet yang biasa berlatih dicuaca dingin dia akan cepat panas dicuaca panas karna suhu tubuhnya mudah meningkat,tapi atlet ini akan lebih mudah lelah saat bertanding dicuaca panas.

    BalasHapus
  32. NAMA : MUHAMMAD APRIANDA
    NIM : 1405112873
    KELAS : 4B PENJASKESREK

    Ilmu faal merupakan suatu ilmu yang mempelajari fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh manusia.

    Psikologi Faal adalah suatu ilmu yang mempelajari mekanisme tubuh manusia dan saling berkaitan dengan prilaku manusia.

    Faal Olahraga adalah Ilmu yang mempelajari fungsi dari setiap sudut bagian tubuh manusia pada saat olahraga.

    1. Latihan pada suhu panas :
    pada awal masa latihan dalam lingkungan baru yang lebih panas, atlet memperlihatkan suatu penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas latihannya dengan durasi dan intensitas yang sama dibandingkan dengan ketika melakukan latihan pada lingkungan yang sejuk). Penurunan kemampuan membasahi kulit dan gejala dan tanda-tanda lainnya yang disebabkan oleh tekanan panas biasanya juga mendampingi peristiwa ini (Hubbard&Amstrong, 1998). Setelah beberapa hari melakukan latihan, ideransi atlet terhadap iklim panas meningkat, terjadi ketika tubuh beradaptasi terhadap kombinasi tekanan dari panas yang dihasilkan oleh metabolisme internal dan suhu lingkungan yang tinggi.
    Suatu studi perbandingan respon fisiologis sebelum dan setelah HA menunjukkan bahwa adaptasi terjadi selama ketika seseorang berlatih pada intensitas yang terkendali sebesar40-95% dari maksimal kekuatan aerobik (VO2Max) : pengurangan detak jantung, berkurang temperatur inti badan, meningkatnya toleransi terhadap waktu latihan, meningkat nya volume plasma, dan berkurang nya beban psikologis tentang penggunaan dirasa (perceived exertion) (wegner: 1998). Didalam proses aklimatisasi seseorang kehilangan air melalui keringat, mencapai tiga liter per jam selama latihan keras dan rata-rata hampir duabelas liter pada hari-hari biasa. Apabila dalam beberapa jam seseorang mengeluarkan keringat secara intens, dapat mengakibatkan kelelahan pada kelenjar keringat sehingga terjadi ketidakmampuan tubuh untuk mengatur suhu inti. Sebagai contoh seorang pelari marathon rentan akan kondisi tersebut karena pelari dapat kehilangan lima liter cairan tubuh selama kompetisi. Dan itu berarti bahwa pelari dapat mengalami kehilangan cairan tubuh sebanyak 6-10% dari masa tubuhnya.

    2. Latihan pada suhu dingin :
     Pada kondisi umum, ketika seseorang berada pada suhu lingkungan yang dingin, tubuh akan menekan pelepasan panas dan meningkat kan produksi panas sebaik mungkin. Respon fisiologis tubuh saat melakukan aktivitas olahraga di cuaca dingin secara khusus dibagi menjadi dua,yaitu : respon fisiologis pada fungsi otot dan respon fisiologis pada respon metabolik (Stock, JM., dkk).
    Fungsi Otot, suhu lingkungan yang dingin sangat mempengaruhi kinerja otot, (1) sel-sel otot menjadi lemah karen terjadi pelambatan laju metabolisme, (2) kemampuan pemendekan otot pada vasokonstriksi dan power otot menurun signifikan, (3) kelelahan otot terjadi lebih cepat karena mekanisme kontraksi yang terjadi harus dapat memenuhi dua kebutuhan fisiologis dalam waktu yang bersamaan, yaitu untuk menghasilkan energi dan menampilkan perfoma latihan yang baik, dan pemenuhan kebutuhan energi untuk mempertahankan suhu tubuh.
    Respon Metabolik, latihan yang berkepanjangan menstimulasi tubuh untuk melepaskan hormon-hormon catecholamine yang meningkatkan metabolisme lipid yaitu mobilisasi dan oksidasi asam lemak bebas (free fatty acids/ FFA) dalam darah.
    Kesimpulan :
    Menurut saya, lebih cepat penyesuainan nya adalah atlet yang tinggal didaerah berdomisili dingin yang bertanding didaerah panas. Kenapa? Karena atlet yang sudah terbiasa bertanding didaerah dingin akan lebih cepat memanaskan otot-ototnya ketika akan bertanding daripada atlet yang berdomisili didaerah panas dan berlatih didaerah dingin. Aklimasi terhadap tubuh akan terjadi selama 7-14 hari . untuk memulai latihan di tempat yang lebih panas, sebaiknya intensitas dan volume latihan dikurangi terlebih dahulu dari porsi normal, kemudian baru di tingkatkan sedikit demi sedikit. Intensitas dan durasi pemanasan juga harus dikurangi untuk menjaga suhu inti tubuh dari peningkatan berlebih sebelum latihan penuh.

    BalasHapus
  33. Afwan Kurniawan / penjas 4B / 1405119996
    1. ilmu faal: Ilmu yang mempelajari fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh.
    2. Penyesuaian yang terbaik bagi atlet yang berasal dari musim panas ke dingin karena setiap atlet harus melakukan aklimatisasi selama sebulan lebih untuk menyesuaikan diri di iklim panas sedangkan atlet iklim dingin hanya butuh 8-9 hari untuk melakukan penyesuaian diri di iklim dingin.
    Jurnal
    AKLIMATISASI


    Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya. Hal ini didasarkan pada kemampuan organisme untuk dapat mengatur morfologi, perilaku, dan jalur metabolisme biokimia di dalam tubuhnya untuk menyesuaikannya dengan lingkungan. Beberapa kondisi yang pada umumnya disesuaikan adalah suhu lingkungan, derajat keasaman (pH), dan kadar oksigen. Proses penyesuaian ini berlangsung dalam waktu yang cukup bervariasi tergantung dari jauhnya perbedaan kondisi antara lingkungan baru yang akan dihadapi, dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Aklimatisasi dalam fisiologi berarti proses adaptasi terhadap iklim ( ketinggian, bawah air, humidity, angin, gravitasi, suhu, perbedaan waktu ).
     Ketinggian : udara O2 tipis , orang yang latihan lama di ketinggian biasanya Hbnya meningkat.
     Bawah air : tekanan pada tubuh meningkat
     Humidity : proses penguapan air
     Angin : proses pembuanganpanas
     Perbedaan waktu (jet leg) : Tempat akan menyebabkan perbedaan waktu, Orang datang dari timur yang jauh akan merasakan pagi di tempat baru sebagai siang hari, siang hari sebagai malam hari.
    Aklimatisasi panas melibatkan penyesuaian fisiologis yang memungkinkan kita untuk bekerja lebih nyaman dalam panas. Mempromosikan pelatihan fisik tingkat tinggi aklimatisasi panas bahkan jika sesi pelatihan tidak dilakukan di lingkungan panas. Aklimatisasi panas meningkat dipromosikan oleh latihan fisik tampaknya dirangsang oleh jumlah besar panas yang dihasilkan selama sesi pelatihan. Hal ini menyebabkan peningkatan suhu kulit dan tubuh dalam suatu kulit suhu tubuh dibandingkan dengan yang dihadapi ketika bekerja di lingkungan panas
    Proses aklimatisasi dapat diterapkan pada banyak hal, seperti pada pendakian gunung. Hal ini biasanya dilakukan apabila seseorang ingin melakukan pendakian pada gunung yang memiliki puncak yang cukup tinggi, hingga ribuan meter di atas permukaan laut, seperti Gunung Everest. Beberapa hal utama yang harus disesuaikan antara lain adalah suhu dan kadar oksigen di udara karena pada dataran tinggi suhu lingkungan bisa jauh lebih rendah, demikian pula dengan kadar oksigennya yang menyebabkan tubuh harus memproduksi lebih banyak sel darah merah atau eritrosit.

    Contoh lain dari aklimatisasi adalah penelitian dampak dari aklimatisasi panas untuk meningkatkan kinerja atletik di lingkungan panas dan dingin oleh para peneliti fisiologi manusia di University of Oregon.Peneliti melakukan tes latihan pada 12 pesepeda yang sangat terlatih - 10 laki-laki dan dua perempuan - sebelum dan sesudah program aklimatisasi 10-hari panas. Peserta menjalani tes psikologis dan kinerja di bawah kondisi panas dan dingin. Sebuah kelompok kontrol yang terpisah dari delapan pengendara sepeda yang sangat terlatih menjalani tes dan mengikuti rezim latihan yang sama dalam lingkungan yang dingin.Data menyimpulkan bahwa paparan panas aklimatisasi memberikan manfaat yang cukup ergogenic dalam kondisi dingin, di samping manfaat kinerja yang diharapkan dalam lingkungan yang panas. Studi ini adalah yang pertama untuk mengevaluasi dampak dari aklimatisasi panas pada kinerja aerobik dalam kondisi dingin.
    Aklimatisasi panas meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengendalikan suhu tubuh, meningkatkan berkeringat dan meningkatkan aliran darah melalui kulit, dan memperluas volume darah memungkinkan jantung untuk memompa darah lebih banyak untuk otot, organ dan kulit yang diperlukan.
    http://pengetahuanolahraga.wordpress.com/2011/01/07/fisiologi-olahraga-%E2%80%9Cefek-latihan%E2%80%9D/

    BalasHapus
  34. NAMA : DAMA INDRIYANA
    NIM : 1405110437
    KELAS: PENJAS 4B

    1. Pengertian Ilmu Faal
    Pengertian Ilmu Faal - Ilmu Faal merupakan Ilmu yang mempelajari Faal atau fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh.ilmu faal juga merupakan suatu bidang studi yang mempelajari fungsi dan berbagai proses yang khas pada organisme hidup baik hewan maupun tumbuhan. proses-proses pada organisme hidup meliputi metabolisme, sirkulasi darah, sistem saraf penghantar, dan sistem hormonal.
    Psikologi faal adalah suatu ilmu yang mempelajari mekanisme tubuh manusia dan kaitannya dengan perilaku manusia. Dalam psikologi faal akan dipelajari bagaimana suatu perilaku dapat mempengaruhi mekanisme tubuh manusia dan juga sebaliknya.
    sedangkan Ilmu Faal Olah Raga
    Ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada waktu olahraga. Faal olahraga sebagai ilmu amalan (Applied Science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga.
    Definisi ilmu kedokteran olahraga menurut A. Venerando (1975) adalah “Aplikasi ilmu kedokteran pada olahraga dan aktivitas fisik umumnya, agar didapat keuntungan segi preventif dan kemungkinan terapoetis dari berolahraga untuk mempertahankan keadaan sehat dan menghindari setiap keadaan yang berhubungan dengan kelebihan atau kekurangan latihan fisik” (Karhiwikarta, 1978).
    Fisiologi olahraga sebagai salah satu disiplin kedokteran berusaha untuk mempelajari efek latihan terhadap tubuh, mempelajari bagaimana efisiensi tubuh manusia dapat diperbaiki dengan latihan, mempelajari metoda yang paling sesuai untuk menilai 13 perbedaan parameter fisik dan fisiologis dan mempelajari bermacam-macam tes yang cocok untuk mengukur keadaan kesegaran jasmani (Giam, 1993). Berdasarkan tipe dan intensitas performance latihan, olahraga dapat dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu:

    Olahraga dinamik, yaitu olahraga yang menyebabkan perubahan pada panjang otot dan pergerakan sendi dengan kontraksi ritmis, tetapi hanya terjadi sedikit perubahan pada kekuatan intramuskular.
    Olahraga statik, yaitu olah raga yang menyebabkan perubahan kekuatan intramuskular, tetapi tidak terjadi atau hanya terjadi sedikit perubahan panjang otot dan pergerakan sendi (Mitchell dkk, 1994). Olahraga dinamik dengan melibatkan banyak otot menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen. Sedangkan olahraga statik hanya menyebabkan sedikit peningkatan dalam kebutuhan oksigen.

    2 .menurut saya penyesuaian yang lebih cepat yaitu atlet yang di cuaca dingin bertanding di cuaca panas.
    alasan nya karena saat atlet bertanding di cuaca panas mereka akan dapat lebih mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan panas tersebut karena suhu tubuh nya akan cepat meningkat dan cepat panas. di cuaca dingin saja mereka cepat panas ataupun cepat meningkat suhu tubuh nya apalagi main di cuaca yang panas namun atlet tersebut akan mudah lelah. contohnya seperti atlet-atlet sepakbola eropa yang bertanding ke indonesia mereka cepat beradaptasi dan juga sangat kelelahan sehingga merekan meminta istirahat atau water break saat permainan berlangsung.

    BalasHapus
  35. Nama:Arnilisya
    Kelas:penjas 4B
    Nim:1405113623
    1.suatu kajian ilmu yang mempelajari sistem tubuh,anggota tubuh,dan bentuk manusia.kalau ilmu faal olahraga merupakan sub cabang dari ilmu gaal yang mempelajari tentang bagian dan alat-alat tubuh manusia dan dikaitkan dengan kondisi fisik dalam melakukan kegiatan olahraga.
    2.menurut saya,lebih cepat penyesuainya atlet yang tinggal di cuaca dingin dan bertanding d cuaca panas,karena kalo di cuaca dingin atlet paling rentan ketika berada pada suhu yang terus turun sampai ke bawah titik beku,angin menguap dan lembab sehingga permukaan kulit jadi dingin salah satu yang berbahaya dari bermain pada cuaca dingin sendiri adalah kombinasi antara udara dingin dan keringat.ini karena pemain tetap saja berkeringat meski bermain dalam udara dingin,padahal,tubuh akan kehilangan panas lebih cepat saat mengenakan pakaian yang lembab.dan bisa menggigil,merinding,tangan menjadi mati rasa,menggigil terus menerus gerakan yang menjadi tidak terkoordinasi,dan misalnya kalo berhenti menggigil kulit menjadi kebiruan sulit berjalan,otot kaku,penurunan denyut jantung,d cuaca dingin juga oksigen sangat berkurang bisa menyebabkan cepat lelah.dan kalo di bertanding cuaca panas atlet bisa cepat memanaskan otot-otot ny.

    BalasHapus
  36. Nama : Hirzan Rahmadon
    Nim : 1405122628
    Kelas : Penjas 4B

    1. Ilmu faal adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang fungsi bagian dari jaringan tubuh. pada dasarnya dalam psikologi faal yang di kaji adalah bagaimana suatu perilaku dapat mempengaruhi mekanisme tubuh manusia ataupun sebaliknya. faal olahraga yaitu ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada saat berolahraga tau beraktifitas untuk kesehatan, faal olahraga sebagai ilmu amalan (applied science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga, dan berkaitan tentang kesehatan.

    2. paling cepat penyesuaiannya yaitu atlet yang berdomisili di cuaca dingin dan bertanding di cuaca panas. Karena atlet yang biasa bermaen di cuaca dingin itu sudah terbiasa penyesuaiannya dari pada atlet yang biasa bermain di cuaca panas, Karena atlet yang bercuca dingin terbiasa dengan memerlukan intensitas latihan yang dibutuhkan pada umumnya disaat latihan seperti meningkatkan daya tahan tubuh,stamina dan kadar oksigen. Tujuannya agar membantu dalam menghadapi kemungkinan terjadinya cuaca buruk seperti cuaca panas, seorang atlet bisa membentuk ketahanan tubuh atau mental yang baik dengan mempelajari metode-metode pelatihan dengan baik karena disaat atlet yang berdomisili di cuaca dingin dan bertanding di cuaca panas akan cepat menyesuaikan dsaat bertanding karena kondisi tubuh seorang atlet yang bertanding di cuaca panas tersebut akan cepat panas karena terbiasa dengan latihan yang intensitasnya tinggi. contohnya seperti atlet yang berada di cuaca dingin seperti di pulau jawa yang bertanding di cuaca panas tersebut kebanyakan atlet dari mereka menjuarai karena mereka dapat dengan cepat menyesuaikan kondisi tubuh dan fisik dengan baik dan sebaliknya atlet yang berada di cuaca panas itu kebanyakan mereka saat bertanding dcuaca dingin kurang panas.

    BalasHapus
  37. nama : ahmad arif
    nim : 1405112600
    kelas : penjas 4 b


    1. Pengertian Ilmu Faal Olahraga

    Ilmu faal secara fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi organ-organ tubuh. Ilmu faal praktikum adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan fungsi organ-organ tubuh akibat aktivitas olahraga. Ilmu faal olahraga yaitu mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada waktu olahraga. Faal olahraga sebagai ilmu amalan (Applied Science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga. Ilmu dasar kehidupan manusia yang dimaksud di sini adalah Fisiologi atau Ilmu Faal, yaitu cabang Biologi yang mempelajari fungsi kerja alat-alat tubuh dalam kondisi normal dan proses-proses yang dilakukan oleh tubuh dalam upaya mempertahankan kondisi internal tubuh yang dinamis namun tetap dalam kisaran normal (homeostasis). Ilustrasi di samping menunjukkan sistem-sistem organ di dalam tubuh manusia. Sementara itu, yang dimaksud dengan olahraga adalah salah satu perwujudan dari kegiatan fisik manusia yang oleh umum dikenal sebagai “kerja”. Jadi, olahraga dalam hal ini tidak hanya kegiatan yang khusus untuk tujuan ber-olahraga, seperti atletik (lari, lempar, lompat, dan tolak), senam, olahraga permainan, olahraga beladiri, latihan beban, dll. akan tetapi merupakan aktivitas fisik yang sering dilakukan sehari-hari, misalnya: berjalan, berlari, mendaki, mengangkat, dll. Pada kerja itu, adanya keseimbangan di dalam maupun di antara segi-segi biologi, kimia, fisika, dan mental/psikis, merupakan prasyarat yang tidak boleh ditawar-tawar lagi, sehingga dituntut adanya pengetahuan yang sepadan untuk hal-hal tersebut.
    pengertian ilmu faal olahraga
    adalah ilmu yang mempelajari perubahan perubahan pungsi atau cara kerja organ organ tubuh, baik bersipat sementara maupun yang bersipatmenetap karna melakukan pelatihan olahraga baik untuk tujuan kesehatan maupun prestasi.


    2. menurut saya penyesuaian yang lebih cepat atlet yang dicuaca dingin.
    karna saat atlet bertanding di cuaca panas mereka akan lebih muda beradaptasi dengan lingkungan panas karna suhu tubuh para atlet akan mudah cepat meningkat dan panas. didaerah asal mereka atau dingin aja mereka cepat panas, apalagi dicuaca panas. dan pada umum nya mereka atau para atlet aknan mudah cepat leleh.

    BalasHapus
  38. Nama : Hafizan
    Nim : 1405122585
    Kelas : penjas 4b


    1. Ilmu faal adalah ilmu yang mempelajari fungsi-fungsi kerja dari alat-alat tubuh dalam kondisi normal untuk mempertahankan kondisi internal tubuh yang dinamis sedangkan ilmu faal olahraga adalah suatu ilmu yang mempelajari perubahan-perubahan fungsi dari organ tubuh baik yang sifatnya sementara maupun menetap karena melakukan sebuah olahraga baik untuk tujuan kesehatan maupun prestasi.

    2. Menurut saya adalah lebih cepat penyesuainnya atlet yang hidup di daerah dingin dan bertanding di daerah panas karena suhu tubuh atlet tersebut akan terjaga dan efisien meski bertanding ditempat cuaca yang panas kemudian hormon-hormon tubuhnya akan tetap terjaga dari pada atlet yang hidup di daerah panas dan bertanding di daerah dingin karena kondisi fisiknya akan cepat melemah karena faktor cuaca dingin tersebut

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Nama : Boyke Johanes
    Nim : 1405113973
    Kelas : Penjaskesrek 4B

    1.Ilmu Faal merupakan Ilmu yang mempelajari Faal atau fungsi bagian dari alat atau jaringan tubuh.
    Ilmu faal olahraga adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada waktu olahraga. Faal olahraga sebagai ilmu amalan (Applied Science) merupakan dasar dari ilmu kedokteran olahraga.
    2.Menurut saya penyesuaiannya akan lebih cepat pada atlet yang tinggal di daerah panas bertanding di daerah dingin. karena Diperlukan cukup waktu untuk terjadinya hal ini bila seseorang harus melakukan olahraga di tempat panas, setelah bermukim di tempat dingin. Proses ini meningkatkan respons sirkulasi dan pengeringatan yang memfasilitasi pembuangan panas dan memperkecil peningkatan suhu tubuh. Secara khusus, aklimatisasi dicirikan oleh meningkatnya efisiensi mekanisme pengeringatan.
    Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya. Kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya berbeda antara satu dan lainnya, hal tersebut dapat terlihat pada tingkat aklimatisasinya terhadap suhu. Pada saat melakukan aktivitas atau latihan pada suhu yang tinggi akan menyebabkan kehilangan banyak cairan, oleh karena itu tubuh akan menjalankan beberapa mekanisme fisiologis mengeluarkan panas untuk menstabilkan suhu inti tubuh, dengan tetap memperhatikan dan menjalankan usaha-usaha untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar dengan membawa serta mineral tubuh baik secara internal maupun dengan usaha eksternal.

    BalasHapus
  41. Nama: IBNU HAZIS
    NIM: 1405113234
    KELAS: PENJASKESREK 4B

    1.Apa pengertian ilmu faal menurut pemahaman kalian sendiri?
    Jawaban: Ilmu faal menurut pemahaman saya ialah suatu ilmu fisiologi yang mempelajari system kehidupan seperti mempelajari biomolekul,sel,organ,system organ,dan organisme secara keseluruhan mejalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan.Dalam ilmu faal olahraga dapat saya pahami untuk mempelajari tubuh manusia dan bagian-bagiannya pada waktu olahraga.sekian pemahaman saya tentang imu faal,apabila kurang mohon dimaafkan pak.

    2.Mana yang lebih cepat penyesuaian antara atlit yang hidup dicuaca panas bertanding di cuaca dingin dngan sebaliknya .berikan alasannya, paparkan dengan jurnal penelitian yang ada?
    Jawaban: Dalam penelitian saya dalam laga ISL sewaktu PSSI masih berjalan dan saat PSPS berhadapan dengan PERSIPURA begitu pun sebaliknya,dapat saat tarik sebuah kesimpulan saat pemain PSPS bermain di PAPUA yang memiliki dataran yang lebih tinggi dan suhu yang semakin dingin pemain psps tidak mampu bermain dalam keadaan biasanya seprti memakai celana dan baju tetapi harus berlapis agar tubuh tetap terjaga atau normal dan saat pemain PERSIPURA bermain diRIAU khususnya di pekanbaru mereka tetap terjaga karena mereka terbiasa dengan udara yang sedikit di dataran tinggi ataupun cuaca dingin.jadi saya memahami bahwa saat penyesuaian atlit yang hidup dicuaca dingin bertanding dicuaca panas mereka sangat cepat penyesuainnyaa dikarenakan paru-paru mereka udah terbiasa dengan menghirup oksigen yang sedikit dan atlit yang hidup dicuaca panas bertanding di cuaca dingin cukup memerlukan waktu lama agar bisa paru-paru mereka dalam penyesuain bertanding di cuaca dingin.sekian penelitian saya terhadap kondisi badan saat atlit yang hidup dicuaca panas bertanding dicuaca dingin begitupun sebaliknya, jika kurang dalam pemaparan saya mohon dimaafkan pak.terima kasih

    BalasHapus